Unik! Upacara Bendera di Yogyakarta Hadirkan Nuansa Tahun 1945

Upacara 17 Agustus di Yogyakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi (Yogyakarta)

Yogyakarta, VIVA – Upacara bendera memperingati HUT RI ke 79 bertema unik digelar di Ndalem Pakuningratan, Kota Yogyakarta, Sabtu 17 Agustus 2024. Dalam upacara ini, para peserta menggunakan baju veteran dan kebaya seperti layaknya saat tahun 1945.

Sambil Ajak Istri, 100 Veteran Meriahkan Perayaan HUT RI ke-79

Tak hanya itu, para peserta upacara juga nampak menggunakan sepeda ontel saat masuk ke area upacara. Saat upacara, inspeksi peserta pun dilakukan dengan memakai sepeda onthel berkeliling.

Upacara unik ini digelar oleh komunitas sepeda tua di Kota Yogyakarta yakni Paguyuban Onthel Djogyakarta (Podjok). Ketua Podjok Muntowil atau biasa disapa Towil mengatakan dalam upacara peringatan HUT RI ke 79 ini pihaknya mengambil tema Djogjaku Resik, Ngonthelku Becik.

Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Menteri Basuki: Momentum Motivasi Pembangunan Bangsa Berkelanjutan

Sepeda Ontel

Photo :
  • flickr.com

"Ini rutin kita adakan setiap tahunnya. Ini penyelenggaraan ke 19. Kami mengambil lokasi-lokasi yang memang ada kesan klasiknya," kata Towil.

Diajak Upacara HUT RI di IKN, Relawan Jokowi Kagum Keberhasilan Pembangunannya

"Upacara ini bentuk kebersamaan kami pecinta sepeda onthel dalam memperingati hari lahirnya Indonesia," ungkap Towil.

Towil menerangkan terkait busana unik ini, para peserta mencarinya dengan mandiri. Pakaian ini ada yang warisan dari eyangnya atau para pejuang hingga mencari di penjual pakaian bekas pula.

"Ini ada kostum pejuang kita dulu, ada kebaya, ada pakaian abdi dalem dan banyak lagi. Ini semangat kita bersama untuk memperingati HUT RI dan jasa-jasa para pejuang kita," tutup Towil.

Tamara Bleszynski dan Teuku Rasya

Tamara Bleszynski Menangis Haru, Rayakan Piodalan Bersama Teuku Rassya

Tampak dalam salah satu foto, Tamara berdiri di samping Teuku Rasya, dan terlihat jelas betapa mendalamnya perasaan kebahagiaannya.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024