Manuver Jet Tempur F-16 TNI AU Membelah Langit IKN

Manuver pesawat tempur F-16 di HUT RI ke-79 di IKN Kalimantan Timur
Sumber :
  • Youtube Setpres

Penajam Paser Utara, VIVA – Sembilan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI Angkatan Udara (TNI AU) melakukan manuver udara pada saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke-79 RI di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Kapten Penerbang I Putu Satrya Kedaton yang memandu atraksi pesawat tempur di Istana Negara IKN, mengatakan ada tiga manuver udara yang dilakukan sembilan pesawat tempur F-16 di atas langit IKN.

"Kita saksikan bersama penampilan demo udara dari Garuda Flight, pesawat tempur F16 Fighting Falcon," kata Kapten Penerbang I Putu Satrya Kedaton  

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Manuver pesawat tempur F-16 di HUT RI ke-79 di IKN Kalimantan Timur

Photo :
  • Youtube Setpres

Manuver pertama bernama high-g turn, yang memungkinkan pilot untuk melakukan belokan lebih tajam dari biasanya. Kemudian, terdapat manuver high speed spiral climb, serta ditutup manuver pamungkas yakni bomb burst.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

Pantauan daring, nampak satu pesawat F-16 datang dari belakang podium kehormatan melakukan manuver high-g turn dengan mengeluarkan flare udara. 

Kemudian dua pesawat melakukan manuver high speed spiral climb. "Selanjutnya adalah ucapan selamat ulang tahun langsung dari kokpit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon," ujar Satrya.

Manuver pesawat tempur F-16 di HUT RI ke-79 di IKN Kalimantan Timur

Photo :
  • Youtube Setpres

Demo udara Garuda Flight ditutup dengan ucapan selamat ulang tahun dari salah satu pilot F-16 Fighting Falcon, dan manuver terakhir bomb burst.

"Dirgahayu Republik Indonesia. Nusantara baru, Indonesia maju. Salam Swa Buwana Paksa," kata Satrya mengakhiri atraksi dari TNI AU. 

Seperti diketahui, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan diselenggarakan di dua tempat, yakni di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur dan diikuti secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta.

Upacara di IKN yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, dan upacara di Istana Merdeka Jakarta dipimpin Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya