Jokowi Pimpin Upacara 17 Agustus di IKN Kenakan Baju Adat Kutai, Ini Maknanya

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN
Sumber :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Penajam Paser Utara, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil dengan penuh keanggunan dalam upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 yang di gelar untuk pertama kalinya di IKN Nusantara, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Dalam momen bersejarah ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Kutai, Kustim, sebuah pilihan yang menandai kedalaman makna dan tradisi dalam perayaan kemerdekaan.

Upacara tahun ini bukan hanya menjadi istimewa karena diselenggarakan di IKN Nusantara, tetapi juga karena Presiden Jokowi memimpin acara sebagai inspektur upacara dengan mengenakan baju adat yang kaya akan simbolisme budaya.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Baju adat Kutai yang dikenakannya dikenal sebagai baju kebesaran pengantin dari Kesultanan Kutai Kartanegara. Penampilan Presiden Jokowi disempurnakan dengan penutup kepala berbulu yang disebut Setorong, yang menambah keanggunan busana adat tersebut.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Sedangkan Ibu Negara Iriana juga turut memeriahkan upacara dengan tampil dalam busana adat berwarna hitam, dihiasi detail warna emas di bagian tengahnya. Untuk melengkapi penampilannya, Ibu Iriana mengenakan hiasan kembang goyang dari logam bersepuh emas pada rambutnya serta untaian melati yang melilit Sanggul Tali Kuantan.

Baju adat Kustin yang dikenakan Presiden Jokowi merupakan warisan budaya dari Kesultanan Kutai Kartanegara, yang pada masa lalu hanya dikenakan oleh raja dan keturunannya.

Baju ini melambangkan kebesaran dan status sosial serta dikenal sebagai baju bangsawan dari Kalimantan Timur. Seiring waktu, baju adat ini telah menjadi simbol penting yang juga dikenakan oleh masyarakat umum pada kesempatan-kesempatan khusus.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Penampilan serasi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengingatkan pada kemeriahan perayaan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta, di mana keduanya juga tampil dalam busana adat yang menonjol.

Sejak 2017, Presiden Jokowi telah menjadikan perayaan HUT RI sebagai momen untuk menampilkan keberagaman budaya Indonesia melalui pilihan busana daerah yang beragam. Gaya berpakaian Presiden dan Ibu Negara selalu menjadi sorotan dan simbol penghormatan terhadap kekayaan budaya nusantara.

Melalui pilihan busana ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tidak hanya merayakan kemerdekaan Indonesia tetapi juga menegaskan komitmen mereka untuk melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya dan tradisi bangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya