Beda Upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka dan IKN

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, Upacara Peringatan Detik-detik Kemerdekaan HUT RI dilaksanakan di luar Jakarta, di luar Istana Merdeka. Pada 2024 ini, dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara atau IKN, yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Digelar di IKN, setelah pemerintah memutuskan pemindahan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara. Walau secara definitif, masih menunggu rampungnya pusat inti pemerintahan. Namun pada HUT RI ke-79, pelaksanannya digelar di IKN.

Kalau diperhatikan, ada sejumlah perbedaan antara pelaksanaan Upacara HUT RI di Istana Merdeka dengan di Istana Garuda di IKN. Apa saja?

IKN Bakal Dibuka Untuk Umum Hari Ini, Begini Cara Masuknya

1. Presiden dan Ibu Negara ke Lokasi Upacara

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Menuju Lokasi Upacara HUT RI di IKN

Photo :
  • Tangkapan Layar
Menlu Retno: Jangan Tinggalkan Palestina Sendirian di Tengah Hak-hak Mereka Dirampas

Saat upacara detik-detik kemerdekaan RI digelar di Istana Merdeka, Presiden dan Ibu Negara keluar dari dalam Istana dan langsung berada di lokasi upacara. Sebab panggung utama dari upacara adalah beranda depan Istana Merdeka Jakarta.
Sedangkan dalam upacara di Istana Garuda IKN, Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi, nampak berjalan cukup jauh, turun menuju lokasi upacara.

2. Anak Tangga Pembawa Baki Merah Putih

Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden


Bagi anggota Paskibraka, terpilih menjadi pembawa baki di Upacara HUT Kemerdekaan RI tingkat nasional adalah impian. Tahun-tahun sebelumnya, salah satu tugas berat dan menegangkan untuk pembawa baki adalah ketika menaiki puluhan anak tangga Istana Merdeka, untuk menerima bendera Merah Putih dari Presiden.

Pelajar yang membawa baki, tidak boleh melihat ke bawah. Tetap harus tegak dan tersenyum. Momen menegangkan saat mereka menuruni anak tangga. Sebab harus membelakangi atau tetap menghadap ke depan, berjalan mundur menuruni anak tangga. Salah sedikit atau salah perhitungan, bisa berakibat jatuh.

Namun berbeda saat upacara di IKN. Dalam upacara yang digelar Sabtu 17 Agustus 2024, Presiden Jokowi nampak menghampiri menuju tengah lapangan. Di sana, Presiden memberi Merah Putih yang ada di dalam kotak, ke pembawa baki anggota Paskibraka. Mereka tidak naik dan turun anak tangga layaknya di Istana Merdeka Jakarta.

3. Presiden dan Wakil Presiden Tidak Satu Panggung

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus 2024 di Istana Negara IKN

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Dalam setiap momen HUT RI, Presiden dan Wakil Presiden biasanya bersama-sama dalam panggung upacara. Presiden sekaligus inspektur upacara. Sementara Wakil Presiden berada di panggung kehormatan.
Namun di HUT RI ke-79, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana berada di IKN, Penajam Paser Utara Kalimantan Timur. Sementara Wakil Presiden KH Maruf Amin dan Ibu Wury, di Istana Merdeka Jakarta.

4. Didampingi Presiden Terpilih, dan Wakil Presiden Didamping Wapres Terpilih

Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Dalam pelaksanaan HUT RI ke-74 di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara atau IKN, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Presiden terplih RI 2024-2029, Prabowo Subianto. Prabowo duduk di samping Presiden.
Sedangkan Wakil Presiden KH Maruf Amin, mengikuti perayaan HUT RI ke-79 di Istana Merdeka Jakarta, didampingi Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka.

5. HUT RI Digelar Hybrid

Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka menyapa dan melayani swafoto bersama tamu undangan Upacara HUT Ke-79 RI saat tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Photo :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Pelaksanaan upacara detik-detik kemerdekaan RI ke-79, digelar secara hybrid. Dilaksanakan secara bersamaan di dua lokasi yakni Istana Merdeka Jakarta dan Istana Garuda Ibu Kota Nusantara atau IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.


Gelaran pasukan di IKN dan Istana Merdeka Jakarta, dilakukan secara bersamaan walau di tempat yang berbeda. Pengibaran bendera dilakukan di IKN. Tetapi ada beberapa bagian yang itu dilaksanakan di Istana Merdeka. Seperti pembawaan lagu oleh Gita Bahana Nusantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya