Upacara HUT RI ke-79 Prabowo Berbaju Adat Jawa di IKN dan Gibran Adat Papua di Jakarta

Prabowo dan Gibran pada HUT RI ke-79 di IKN dan Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

Penajam Paser Utara, VIVA – Presiden Terpilih Prabowo Subianto turut hadir dalam upacara peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang digelar di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Ma'ruf Amin Tak Perlu Briefing Gibran Jelang Transisi: Sudah Ngerti, Dia Bekas Wali Kota

Kehadiran Prabowo menambah kemegahan upacara yang berlangsung di lapangan terbuka. Prabowo ditempatkan di barisan depan, duduk berdampingan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Panggung Kehormatan yang disiapkan khusus untuk para tamu penting.

Presiden terpilih Prabowo Subianto di upacara HUT RI ke-79 di IKN

Photo :
  • Youtube Setpres
Respons Gus Ipul soal Lanjut Jadi Mensos di Kabinet Prabowo-Gibran

Dalam upacara tersebut, Prabowo Subianto tampil dengan penuh wibawa mengenakan baju adat Jawa Tengah yang berwarna hitam. Pakaian ini dilengkapi dengan kain batik yang membalut tubuhnya dengan motif khas yang mencerminkan kekayaan budaya Jawa. 

Sebagai pelengkap, Prabowo juga mengenakan blangkon berwarna coklat, yang menambah kesan tradisional. Penampilan ini tidak hanya menunjukkan rasa hormatnya terhadap tradisi, tetapi juga menonjolkan kebanggaannya sebagai bagian dari budaya Jawa.

KSAD Sebut Pembentukan Angkatan Siber Dilanjutkan pada Era Pemerintahan Prabowo

Sementara itu, Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka, mengambil peran penting dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Dalam momen yang penuh khidmat ini, Gibran tampil memimpin upacara dengan mengenakan busana adat Papua yang khas.

Gibran tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.10 WIB, didampingi oleh sang istri, Selvy Ananda, beserta kedua anaknya, yaitu putra pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, dan putrinya, La Lembah Manah.

Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka memakai baju adat Papua.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Zendy Pradana

Penampilan keluarga Gibran semakin mencuri perhatian karena Gibran dan putranya, Jan Ethes, terlihat serasi mengenakan busana adat Papua, dilengkapi dengan properti tombak yang mereka pegang sebagai simbol kebesaran budaya Papua.

Setelah tiba di Istana, Gibran dan keluarganya menunggu kehadiran Wakil Presiden saat ini, Ma'ruf Amin, beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin, yang juga akan memasuki Istana Merdeka untuk mengikuti rangkaian upacara peringatan hari bersejarah tersebut.

Peringatan HUT RI ke-79 dilaksanakan di dua lokasi utama secara bersamaan dan terhubung secara hybrid, yakni di IKN dan di Istana Merdeka, Jakarta. Kedua tempat ini menjadi pusat acara yang dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara dan tokoh masyarakat, dengan pengamanan ketat dari Paspampres serta gabungan TNI dan Polri.

Tema peringatan tahun ini adalah "Nusantara Baru Indonesia Maju," yang mencerminkan semangat transisi Indonesia dalam menyambut ibu kota baru Nusantara serta pergantian pemerintahan. 

Sementara Upacara Pengibaran Bendera dan tata upacara militer diselenggarakan di IKN, acara di Istana Merdeka Jakarta lebih difokuskan pada rangkaian kegiatan hiburan. Di antaranya adalah penampilan paduan suara Gita Bahana Nusantara, penampilan penyanyi Vidi Aldiano, serta pertunjukan tari daerah yang memeriahkan suasana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya