Paskibraka Tingkat Pusat Terbagi ke Dalam Dua Tim, Ini Daftar Lengkapnya

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)
Sumber :
  • Foto: Antara

Jakarta, VIVA – Hari Sabtu, 17 Agustus 2024, akan menjadi tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia. Untuk pertama kalinya, Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) akan dilaksanakan di halaman Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Upacara ini tidak hanya akan diselenggarakan secara langsung di IKN, tetapi juga disiarkan secara hybrid dari Istana Merdeka, Jakarta, pada pukul 11.00 WITA.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat telah mempersiapkan diri untuk mengukir sejarah baru dengan menjadi pengibar Sang Merah Putih pertama di Ibu Kota Nusantara.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Tim Nusantara Siap Kibarkan Merah Putih di Ibu Kota Nusantara

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Sebanyak 76 putera-puteri terbaik bangsa terpilih untuk menjadi bagian dari upacara bersejarah ini, dan mereka dibagi menjadi dua tim utama, Tim Nusantara Baru yang bertugas pada pagi hari dan Tim Indonesia Maju yang bertugas pada sore hari dalam formasi 17, 8, dan 45.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Berikut sejumlah Paskibraka yang bertugas pada Upacara Detik-Detik Proklamasi (pagi) dan Upacara Penurunan Bendera (sore):

Presiden Jokowi Pengukuhan Paskibraka 2024 di Istana Negara IKN

Photo :
  • Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Formasi Tim Nusantara Baru (Pagi)

1. Danpok 17: Andre R.O. Kabagaimu, berasal dari SMAN 1 Wamena, Papua Pegunungan, putra dari Bapak Yohanes Lusius G.B. Kabagaimu dan Ibu Junita Roseline N.

2. Baki: Livenia Evelyn Kurniawan dari SMA Katolik Santo Pransiskus, Kalimantan Timur, putri dari Bapak Eddy Kurniawan dan Ibu Luana Kalma.

3. Cad. Baki: Lutfiyah Naurasyifa Utoyo, siswa SMAN 1 Kendari, Sulawesi Tenggara, putri dari Bapak Utoyo Harly dan Ibu Ribka Diana Linsay Siwi.

4. Danpok 8: Fifandra Ardiansyah Daud dari SMAN 1 Halbar, Maluku Utara, putra dari Bapak Endro Sumarsono dan Ibu Yulce Serang. 

5. Penggerek: Try Adyaksa S dari SMAN 1 Parepare, Sulawesi Selatan, putra dari Bapak Suriyanto dan Ibu Hasmawati.

6. Pembentang: Akmal Faiz Ali Khadafi, siswa SMAN 4 Semarang, Jawa Tengah, putra dari Bapak Subhan dan Ibu Rikha Astriani.

Formasi Tim Indonesia Maju (Sore)

1. Danpok 17: AA. Ngr. Panji Darma Putra dari SMAN 1 Singaraja, Bali, putra dari Bapak A.A. Ngurah Saraswata dan Ibu Komang Goisi M. 

2. Baki: Ni Komang Tri Setia dari SMAN 1 Samarapura, Bali, putri dari I Nyoman Subrata dan Ibu Yovita Magdalen D.A.M.

3. Cad. Baki: Kirana Asha Widya Baskara dari SMA Labschool Cirendeu, Banten, putri dari Bapak Rocky Panji Baskara dan Ibu Ranggi Kanya Prameswari.

4. Danpok 8: Joe Bayden Imanuel Kallem dari SMA Kristen Anak Panah, Papua Tengah, putra dari Bapak Boythe Calvin Kallem dan Ibu Karmila Wiai. 

5. Pengerek: Sunnu Wahyudi dari SMKN 2 Sangatta Utara, Kalimantan Timur, putra dari Bapak Siswoyo dan Ibu Sulistyowati.

6. Pembentang: Abdul Zaky Hutera dari SMAN 67 Jakarta, DKI Jakarta, putra dari Bapak Ismaidin dan Ibu Nurevariani.

Upacara ini merupakan simbol kebanggaan nasional dan kesempatan untuk menunjukkan persatuan serta kekuatan bangsa.

Diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat memberikan dukungan penuh kepada para Paskibraka yang akan bertugas mengibarkan dan menjaga Sang Merah Putih.

Momen ini tidak hanya merayakan kemerdekaan tetapi juga menegaskan semangat persatuan dan integrasi bangsa dalam era baru IKN Nusantara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya