Sebelum Upacara HUT RI, Jokowi Ajak Cak Imin Hingga LaNyalla Lihat Progres Pembangunan IKN

Presiden Jokowi Ajak Pimpinan Lembaga Negara Pembangunan IKN
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Pimpinan MPR, DPR dan DPD RI untuk melihat persiapan pelaksanaan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tahun RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

DPR RI Kritik Keras KPU Sewa Jet Pribadi dan Apartemen: Anggaran Pemilu Buat Gaya Hidup Mewah

Terlihat, Presiden Jokowi masih memakai kaos putih lengan panjang. Sementara, Pimpinan MPR RI yang hadir di antaranya Jazilul Fawaid. Kemudian, Pimpinan DPR RI terlihat ada Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Rachmat Gobel, serta Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Dari pantauan VIVA, Presiden Jokowi sempat mengajak para Pimpinan Lembaga Negara itu melihat progres pembangunan proyek kawasan Istana Negara, IKN. Setelah itu, Presiden Jokowi mengajak rombongan tersebut naik buggy car. Terlihat LaNyalla Mattalitti, Muhaimin dan Rachmat Gobel berada dalam satu buggy car bersama Presiden Jokowi.

Jokowi Pimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana IKN Besok

Sementara, pengamanan di kawasan Istana Negara IKN sudah diperketa dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan perangkat keamanan lainnya. Sehingga, seluruh tamu undangan yang diundang harus melewati pemeriksaan secara ketat dan berlapis untuk ikut Upacara HUT RI di Istana Negara IKN.

Presiden Jokowi Ajak Pimpinan Lembaga Negara Pembangunan IKN

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

Diketahui, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan Presiden Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang pertama kali digelar di Istana Negara, IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Adapun, kegiatan Peringatan HUT ke-79 RI kali ini juga digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Pada pukul 08.15 WB, pertunjukan kesenian dilakukan di Halaman Istana Merdeka Jakarta. Sedangkan, di Lapangan Upacara Istana Negara IKN itu pertunjukan kesenian jam 09.15 WITA. Lalu, jam 10.15 WITA itu di Istana Negara IKN ada Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi.

Selanjutnya, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta jam 10.00 WIB, dan di Istana Negara IKN itu jam 11.00 WITA.

Kemudian, kembali pertunjukan kesenian di Halaman Istana Merdeka Jakarta pada jam 14.45 WB, dan di Lapangan Upacara Istana Negara IKN pada jam 15.45 WITA. Lalu, Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih di Lapangan Upacara Istana Negara itu jam 17.00 WITA, dan Halaman Istana Merdeka Jakarta pada jam 16.00 WIB.

Sementara Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Istana Presiden, Yusuf Permana mengatakan untuk tata upacara Militer atau acara pokok hampir tidak ada perbedaan yang menonjol, karena kegiatan upacara sudah mempunyai SOP sendiri. Sedangkan, untuk acara penunjang lainnya termasuk hiburan tentunya diutamakan kearifan budaya Indonesia.

“Pada acara nanti, kami akan tampilkan kesenian dari Provinsi DKI dan Provinsi-provinsi lain yang ada di Pulau Kalimantan, termasuk juga hiburan lainnya dari para kreator-kreator yang membanggakan,” kata Yusuf.

Adapun, Yusuf menyebut untuk tamu undangan Upacara HUT ke-79 RI akan dibagi dua yakni tamu undangan di Istana Negara IKN dan Istana Negara Jakarta.

Di Istana Negara IKN :
Presiden dan Ibu Negara
Mantan Presiden
Presiden terpilih
Para Pimpinan Lembaga Negara
Para Menteri
Panglima TNI
Kapolri
Tokoh Agama
Tokoh Masyarakat
Tokoh Budaya
Masyarakat umum Sekitar IKN
Para Pekerja di IKN

Istana Merdeka Jakarta :
Wakil Presiden
Wakil Presiden terpilih
Para Menteri
Tokoh Masyarakat
Tokoh Agama
Tokoh Budaya
Pejabat TNI Polri ASN
Masyarakat sekitar Istana Merdeka Jakarta
Dan lain-lain

“Kami mohon doa kepada masyarakat Indonesia agar pagelaran-pagelaran acara di Bulan Kemerdekaan ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana harapan kita bersama, dan juga menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan seluruh rangkaian acara HUT RI yang kita rayakan dengan suka cita dan gembira,” kata Yusuf.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya