Pemerintah Sesuaikan Jumlah ASN Pindah ke IKN pada September-Oktober 2024

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya tengah menyesuaikan jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September-Oktober tahun ini.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Menurut Anas, penyesuaian itu dilakukan seiring dengan penyelesaian pembangunan apartemen. "Kementerian PAN-RB sudah melakukan koordinasi dengan seluruh Sekjen di kementerian/lembaga, sehingga kami tinggal menunggu kesiapan apartemen ASN," kata Anas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Anas mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menyiapkan formula terkait eselon mana saja di tiap kementerian/lembaga yang akan pindah ke IKN. Namun, kata dia, sesuai arahan Presiden Jokowi, maka pemindahan ASN tidak dipaksakan dilakukan seratus persen dalam waktu dekat.

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Photo :
  • ANTARA

"Ini kan ada beberapa apartemen ASN yang sedang disempurnakan. Ini belum seluruhnya selesai. Oleh karena itu, Presiden berikan arahan untuk tidak dipaksakan di September jika ini belum tuntas," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan rencana kepindahan ASN sebanyak seratus persen dan formulasinya. Namun, kata Anas, kepindahan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung bagi Korban Kekerasan

"Akan tetapi Kementerian PAN-RB telah menyiapkan jika suatu saat akan pindah di September-Oktober, maka eselon satu mana saja, dan eselon dua mana saja di tiap kementerian (yang pindah). Kami sudah siapkan," ujarnya.

Ketua KPK Nawawi Pomolango di DPR RI

Ketua KPK Sindir Jokowi: Lebih Mudah Ormas Ketemu Presiden daripada Pimpinan KPK

Ketua KPK Nawawi Pomolango mengatakan selama 5 tahun menjabat, tidak pernah sekalipun kami diundang untuk membicarakan KPK di Istana

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024