Kiai hingga Akademisi Nilai Haji 2024 Sukses, Begini Alasannya

Jemaah Haji Indonesia 2024
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Kementerian Agama (Kemenag) menapat apresiasi dari sejumlah pihak terkai Haji 2024 yang dinilai sukses lantaran banyak menghadirkan inovasi layanan untuk memudahkan jemaah haji Indonesia.

Penjelasan Cak Nanto Soal Pemanggilan Menteri Agama oleh Pansus

Apresiasi tersebut terangkum dalam diskusi publik bertajuk ‘Menelaah Inovasi Haji’ yang diselenggarakan oleh Jaringan Muslim Madani (JMM) di Jakarta Selatan, Jumat 16 Agustus 2024.

"Hari ini bertepatan dengan kick off atau dimulainya rapat pansus angket haji oleh DPR RI yang sejatinya amat sangat kita sayangkan mesti bergulir ditengah berbagai apresiasi banyak pihak tentang suksesnya penyelenggaraan haji 2024," ujar Direktur Eksekutif JMM, Syukron Jamal dalam rilis yang diterima VIVA Jumat malam.

KPK Siap Gandeng Pansus DPR Usut Dugaan Penyelewengan Kuota Haji Khusus

Suasana pelepasan kloter penutup fase pemulangan jemaah haji Indonesia 2024

Photo :
  • Media Center Haji 2024

Menurutnya, berbagai inovasi itu sejalan dengan visi ‘Haji Ramah Lansia’ diantaranya penerapan syarat istitha’ah sebelum pelunasan haji dan pengadaan fast track (Mecca Road) di tiga embarkasi dengan jumlah jemaah haji terbesar, yaitu Embarkasi Jakarta, Embarkasi Solo, serta Embarkasi Surabaya.

Tak Ada Jemaah Haji Reguler Nol Tahun Berangkat, Ini Penjelasan Kemenag soal Haji Khusus

Kemudian, lanjutnya, penyelenggaraan haji tahun ini juga disupport oleh inovasi layanan digital seperti Aplikasi Kawal Haji untuk digunakan jemaah sebagai komunikasi langsung antara dengan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). 

"Kita menghormati pansus ini sebagai hak konstitusi DPR, untuk itu karena ini sudah ketuk palu kita sama-sama kawal agar menghasilkan masukan yang konstruktif dan progresif," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU), KH Soleh Sofyan mengatakan, ada beberapa hal berbeda yang merupakan inovasi penyelenggaraan haji 2024 yang tidak ada sebelumnya.

“Diantaranya ada inovasi fiqih yang bahkan di tahun-tahun sebelumnya hampir tidak pernah dilakukan, namun dengan dukungan pemikiran dari para ulama lintas organisasi akhirnya inovasi tersebut dapat terlaksana dengan baik. Kalau kita mengadopsi cara lama, tentunya terbayang bagaimana Mabit di Muzdalifah, trafiknya bagaimana ramainya,” kata dia.

Ditempat yang sama, Pengamat Politik Universitas Al-Azhar (UAI) yang juga bagian dari jemaah haji Indonesia 2024, Ujang Komarudin mengatakan, dari analisanya selama berhaji, masalah-masalah yang umum ditemui saat berhaji biasanya dapat diklasifikasikan sebagai pelayanan, makanan,  perjalanan dan yang terakhir yakni penginapan.


Source : Media Center Haji 2024

"Nah dari indikator ini, apakah Gusmen (sapaan akrab menteri agama) bisa dikatakan sukses, dari inovasi tentu ada, saya melihat dari skala 1 sampai 100, tentu masalah ada, tetapi kalau kita melihat secara umum, dari 1 sampai 100 maka saya boleh katakan 80 persen sukses," kata Ujang.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI) Anshory juga mengatakan, haji tahun ini sudah banyak kemajuan, baik dari sisi tata kelola maupun dari sisi penggunaan IT.

Terakhir, Akademisi Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Sofyan Hadi menilai, di balik kesuksesan penyelenggaraan Haji 2024 tetap perlu dievaluasi. Tujuannya agar layanan haji tahun depan akan lebih baik lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya