Bamsoet Dorong Indonesia Bentuk Matra ke-4 TNI Angkatan Siber

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet.
Sumber :
  • Tangkapan layar tv Parlemen.

Jakarta, VIVA – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendorong pemerintah agar membentuk matra keempat TNI Angkatan Siber

Misi Jaga IKN, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Tetapkan Ratusan Personel Komcad

"Sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra ke-IV Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan menghadirkan Angkatan Siber," kata Bamsoet dalam pidatonya di Sidang Tahunan MPR 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2024.

Bamsoet menjelaskan, dibentuknya Matra ke-IV Angkatan Siber ini tidak lain bertujuan untuk memperkuat tiga matra yang sebelumnya telah dibentuk.

Panglima TNI Ganti Pangdam Siliwangi dan Pangdam Pattimura

Pidato Ketua MPR RI Bamsoet dalam Sidang Tahunan MPR RI.

Photo :
  • Youtube DPR RI

"Kehadirannya untuk memperkuat tiga matra yang sudah ada, yakni Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara," tuturnya.

Jokowi Singgung Pembentukan Angkatan Siber Matra Keempat TNI, Berharap Dilanjutkan Prabowo

Hal itu, kata Bamsoet, sangat penting mengingat ketahanan keamanan siber di Indonesia masih perlu peningkatan. Dia pun mengungkit kasus peretasan data nasional yang sempat dihadapi pemerintah Indonesia.

"Terkait juga dengan kasus peretasan data nasional, yang mengisyaratkan urgensi ketersediaan lembaga pemerintah yang berfokus pada keamanan siber, termasuk peraturan hukum," kata Bamsoet.

"Indonesia menurut National Cyber Security Index, masih menempati posisi kelima di Asia Tenggara dalam hal keamanan siber. Kita telah sama-sama mengetahui, dunia sudah memasuki era internet of military things / internet of battle-field things, di mana operasi militer semakin dapat dikendalikan dari jarak yang sangat jauh, dengan lebih cepat, tepat, dan akurat," ujarnya.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

130 Pati TNI itu terdiri dari 68 Pati TNI AD, 39 Pati TNI AL, dan 23 Pati TNI AU

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024