Jokowi ke Prabowo: Tahun Depan Insya Allah Bapak yang Sampaikan Pidato Kenegaraan

Presiden terpilih Prabowo Subianto di Sidang Tahunan MPR RI tahun 2024
Sumber :
  • TV Parlemen

Jakarta, VIVA – Dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato yang menandai penyerahan tongkat estafet kepemimpinan kepada Presiden Terpilih, Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Jokowi Bakal Evaluasi Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024

"Kepada Presiden Terpilih, Bapak Jendral TNI (Purn.) Prabowo Subianto, tahun depan, Insyallah, Bapak yang akan menyampaikan pidato kenegaraan. Nanti, pada tanggal 20 Oktober 2024," kata Jokowi dalam pidatonya dalam sidang Tahunan MPR 2024 di Gedung Nusantara MPR RI, Senayan, Jakarta pada Jumat 16 Agustus 2024.

"Izinkan saya menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ini kepada Bapak Prabowo Subianto," sambungnya.

Kata Jokowi Soal KADIN: Selesaikan di Internal Saja

Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan 2024 MPR bersama DPR dan DPD

Photo :

Dalam pidatonya Jokowi dalam sidang tahunan MPR 2024, Jokowi juga menekankan penyerahan harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia di bawah kepemimpinan baru. Prabowo Subianto, sebagai Presiden Terpilih.

Analisis Pengamat soal Dampak Politik jika Prabowo dan Megawati Jadi Bertemu

"Izinkan saya juga menyerahkan semua harapan dan cita-cita masyarakat Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, dari pinggiran, dari daerah terluar, dari desa, dari pusat-pusat kota kepada Bapak," tambah Jokowi.

Di penghujung jabatan presiden Jokowi memohon maaf atas setiap harapan dan cita-cita yang belum terwujud.

"Saya dan Prof.Dr.(H.C.) K.H. Ma’ruf Amin Mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai," beber Jokowi.

Meskipun begitu, Jokowi tetap optimistis, Indonesia dapat menggapai cita-citanya untuk menjadi Indonesia Emas 2045.

Diberitakan sebelumnya, MPR/DPR/DPD RI akan menggelar Sidang Tahunan 2024 sekaligus mendengar pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat, 16 Agustus 2024. Agenda utama Sidang Tahunan MPR dimulai dengan pidato pengantar Ketua MPR dalam rangka sidang tahunan MPR.

Kemudian, dilanjutkan dengan Pidato Presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-79 Republik Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kompleks Parlemen sekitar pukul 08.56 WIB. Jokowi datang dengan didampingi sang istri, Iriana Jokowi. Jokowi tampak mengenakan baju adat Betawi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya