Jokowi Pakai Baju Adat Betawi di Sidang Tahunan MPR RI 2024

Presiden Jokowi hadiri Sidang Tahunan MPR 2024
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

Jakarta, VIVA – MPR/DPR/DPD RI akan menggelar Sidang Tahunan 2024 sekaligus mendengar pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat, 16 Agustus 2024. Agenda utama Sidang Tahunan MPR dimulai dengan pidato pengantar Ketua MPR dalam rangka sidang tahunan MPR.

Diresmikan Jokowi, Ini Alasan FIBA Buka Kantor di Indonesia

Kemudian, dilanjutkan dengan Pidato Presiden dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-79 Republik Indonesia. 

Berdasarkan pantauan VIVA, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Kompleks Parlemen sekitar pukul 08.56 WIB. Jokowi datang dengan didampingi sang istri, Iriana Jokowi. Jokowi tampak mengenakan baju adat Betawi

Sambangi Istana, Pimpinan Muhammadiyah Ucapkan Terima Kasih kepada Jokowi

Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Sementara itu sebelumnya tampak Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan istrinya, Wurry Ma'ruf Amin. Dia tampak mengenakan baju adat Palembang dan sang istri menggunakan baju adat Betawi. 

Resmikan Islamic Financial Center, Jokowi Jelaskan Efeknya ke Ekonomi Syariah

Ketua DPR RI Puan Maharani juga telah hadir untuk menghadiri sidang tahunan MPR 2024. Puan mengenakan kebaya bernuansa emas. 

Selain itu, sejumlah tokoh juga turut hadir dalam sidang tahunan MPR 2024, mereka di antaranya, Wapres Try Sutrisno, Menteri LHK, Siti Nurbaya, Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan, Wakil Ketua MPR, Yandri Susanto, Ketua KPU, Mochamad Afifuddin.

Kemudian, Plt. Ketum PPP, Muhamad Mardiono, Menteri Sekertaris Negara, Pratikno, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Imam Besar Istiqlal, Nasaarudin Umar, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.

Lalu, Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono, Jaksa Agung, ST. Burhanudin, Wapres ke-10 dan 12, Jusuf Kalla, Wapres RI, Ma’ruf Amin Ketum NasDem, Surya Paloh, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Menteri Kominfo, Budi Arie Setiyadi, Menteri Dikbud Ristek, Nadiem Makarim, Menteri Pertahanan, Prabowo Subiyanto, Menteri Keuangan, Sri Mulyani

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan dua pidato dalam Sidang Tahunan DPR, MPR, DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024. 

Presiden Jokowi menghadiri sidang tahunan MPR

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Diketahui, Jokowi memasuki purna tugas sebagai kepala negara pada 20 Oktober 2024. Sehingga, hari ini merupakan kali terakhir Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan DPR/MPR/DPD. 

Dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, pidato pertama akan disampaikan Presiden Jokowi dalam rangka Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2024. Pidato ini dijadwalkan sekitar pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya, pada siang hari ini, Presiden akan menyampaikan pidato kedua dalam rangka Penyampaian RUU Tentang APBN Tahun 2025 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2024-2025. Pidato tersebut dijadwalkan sekitar pukul 13.50 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya