Kamp Tambang Emas Sekotong NTB Dibakar Warga, KPK Ikut Turun Tangan

Ketua Satuan Tugas Koordinator Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membidik persoalan hukum yang terjadi dalam aktivitas tambang emas rakyat di wilayah Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

MK Tolak Gugatan Novel Baswedan Cs Terkait Batas Usia Pimpinan KPK

Ketua Satuan Tugas Koordinator Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria mengatakan pihaknya akan turun ke lokasi untuk mengecek terlebih dahulu soal pembakaran kamp tambang diduga milik tenaga kerja asing (TKA) asal China.

"Coba nanti akan kita cek ke sana. Saya kebetulan baru tahu informasi ini. Persoalan ini akan kami periksa nantinya," kata Dian dalam keterangannya pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Tindak 5,8 Juta Batang Rokok Ilegal di Semarang, Bea Cukai Tetapkan Dua Tersangka

Ketua Satuan Tugas Koordinator Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Dian mengatakan, bahwa dalam insiden pembakaran kamp tambang diduga milik TKA China tersebut telah mendapat reaksi dari aparat penegak hukum di daerah itu, baik TNI maupun Polri.

Tak Lolos Tes Tulis Capim KPK, Nurul Ghufron: Alhamdulillah

Komandan Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti sebelumnya mengakui telah mendapat informasi perihal kejadian pembakaran kamp tambang tersebut yang berpotensi mengganggu keamanan di tengah kontestasi Pilkada Serentak 2024.

Brigjen TNI Agus Bhakti menegaskan dirinya akan menindaklanjuti persoalan ini melalui koordinasi dengan seluruh pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) Irjen Raden Umar Faroq juga dikabarkan sudah turun ke lokasi kejadian pada Minggu malam, 11 Agustus 2024.

Dari hasil turun lapangan, kini Polres Lombok Barat melakukan penyelidikan perihal aksi pembakaran kamp tambang maupun keberadaan dari TKA China, yang diduga melakukan penambangan secara ilegal di kawasan tambang emas rakyat tersebut.

Sebagai informasi, kamp penambang emas milik Tenaga Kerja Asing atau TKA China di kawasan tambang emas rakyat di Desa Persiapan Blongas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, dibakar warga.

Aksi pembakaran tersebut dilakukan warga pada Sabtu malam,10 Agustus 2024. Warga tersulut emosi dengan keberadaan kamp milik TKA yang diduga ilegal tersebut.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Rio Indra Lesmana membenarkan kasus tersebut. Dia mengatakan polisi hingga saat ini tengah melakukan pengamanan di lokasi kejadian.

"Pengamanan sudah di bawah Reskrim Lombok Barat. Polda NTB hanya membantu (keamanan),” katanya pada Senin, 12 Agustus 2024 di Mapolda NTB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya