Komitmen Mahasiswa Riau Ciptakan Situasi Kondusif saat Pilkada Serentak 2024

Seminar kebangsaan BEM se-Riau
Sumber :
  • Istimewa

Pekanbaru, VIVA – Seminar Kebangsaan dalam rangka Pilkada Damai 2024 dan Pra Musyda BEM Se-Riau digelar Kamis, 15 Agustus 2024 di Bertuah Hall Hotel Pangeran, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Seminar yang mengusung tema "Pluralisme dan Demokrasi: Membangun Kebhinekaan dalam Pilkada Damai Provinsi Riau" ini dihadiri oleh Wakapolda Riau Brigjen Pol K. Rahmadi dan bertindak sebagai keynote speaker serta Forkopimda Riau, LAM Riau, tokoh agama, paguyuban daerah dan mahasiswa dari berbagai BEM se-Riau. 

Dalam komentarnya, Alfikri Habibullah, Korpus BEM Se-Riau, menyatakan bahwa agenda ini diselenggarakan untuk menanggapi isu-isu yang muncul pada masa-masa Pilkada serentak, khususnya di Provinsi Riau.

Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Seminar kebangsaan BEM se-Riau

Photo :
  • Istimewa

"Provinsi Riau memiliki masyarakat yang majemuk, dengan berbagai ras dan suku di dalamnya. Hal ini membuat situasi menjadi sangat riskan ketika beberapa golongan angkat bicara untuk Pilkada serentak di Provinsi Riau, terutama di era digitalisasi seperti sekarang ini, di mana berita-berita sangat mudah tersebar," ujar Alfikri. 

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Ia juga menegaskan komitmen mahasiswa untuk menjaga keutuhan NKRI dan marwah Provinsi Riau dalam Pilkada serentak 2024, serta turut serta menjaga kondusivitas dalam proses tersebut.

"Semoga agenda ini memberikan manfaat bagi masyarakat Provinsi Riau," tambahnya. 

Seminar Kebangsaan menghadirkan perwakilan Bawaslu Riau Al Nofrizal, perwakilam KPU Riau Nugroho Noto Susanto, DPH LAM Riau Datuk Taufik Ikram Jamil dan Akademisi atau Pakar Politik Panca Setyo Prihatin, yang diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan Pilkada yang damai dan kondusif di Provinsi Riau, serta memperkuat semangat kebhinekaan dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. 

Kegiatan Seminar Kebangsaan diakhiri dengan Deklarasi Pilkada Damai 2024 di Provinsi oleh BEM Se Riau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya