Mundur dari Kominfo, Usman Kansong Ingin Kembali ke Dunia Jurnalistik

Usman Kansong di Kementerian Kominfo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Usman Kansong mengaku akan kembali ke dalam bidang jurnalistik usai resmi menyatakan mundur dari jabatan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Dirjen IKP Kemenkominfo

Mencetak 1 Juta Ahli Siber Indonesia

"Saya akan kembali ke jalan jurnalis tempat saya dilahirkan dan tentu dunia kepenulisan. Saya sedang menunggu penerbitan buku saya sedang dicetak oleh satu penerbit," ujar Usman kepada wartawan di Kantor Kemenkominfo, Rabu, 14 Agustus 2024.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong.

Photo :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami
Kemenkominfo Terima 572 Ribu Aduan soal Penipuan Online

Usman juga memberikan pesan kepada para wartawan agar tetap berjuang di dalam dunia demokrasi. Ia mengatakan masyarakat tak perlu takut terhadap perbaikan institusi.

"Terima kasih teman-teman telah membersamai saya, terima kasih kekritisan kalian, kritis adalah DNA-nya pers tetaplah kritis untuk mengawal dan menegakkan demokrasi dan saya kira kita semua tidak perlu takut," ujar Usman.

SATRIA-2 Akan Dibangun

"Jangan sampai lutut kita lekas berkata hanya karena kita jauh grafik seperti itu dengan perbaikan perbaikan diri perbaikan institusi dan tentu demokrasi kita yang positif," imbuhnya. 

Sebelumnya diberitakan, Usman Kansong menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Dirjen IKP Kemenkominfo. 

Pengumuman pengunduran diri tersebut disampaikan Usman secara langsung dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Kemkominfo, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2024.

"Saya mengundurkan diri dari posisi Dirjen IKP Kominfo per 13 Agustus," ujar Usman Kansong kepada wartawan di Kantor Kemenkominfo, Jakarta.

Usman juga berjanji tetap melaksanakan tugas-tugas informasi dan komunikasi di luar dari pemerintahan.

"Tentu saya tetap mengerjakan tugas komunikasi dari luar pemerintahan, dan organisasi saya kira perlu penyegaran," kata dia.

Usman mengaku tidak ada tekanan apapun yang menyebabkan dirinya mundur dari jabatan sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo.

Usman menegaskan mengundurkan diri karena alasan pribadi yang tidak dapat dibagikan kepada publik.

"Tidak ada tekanan dari luar, ini keinginan saya sendiri. Saya sudah bicarakan kepada Bu Sekjen, Pak Wamen, dan sebelumnya Pak Menteri," kata Usman.

"Jadi alasannya adalah dalam diri saya begitu, yang mungkin malu menjelaskan di sini. Tapi nanti lah, jadi apa yang sifatnya privasi dari dalam diri saya sendiri," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya