KKB Perek Jelas Kogoya Jadi Dalang Pembunuhan Pilot di Papua, Ini Identitas 5 Anggotanya

KKB Pelaku pembunuh pilot Glen
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Mimika, VIVA– Satgas Operasi Damai Cartenz-2024, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan pilot helikopter PT. Intan Angkasa Air Service, Mr. Glen Malcolm Conning (50), oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Alama Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada 5 Agustus 3024.

Anggota Polri Ditembak Dada dan Punggungnya oleh OTK di Lanny Jaya Papua

Olah TKP telah dilakukan selama 2 hari yaitu, Selasa 6 Agustus dan Rabu 7 Agustus 2024. Selain itu, Satgas Ops Damai Cartenz-2024 juga telah melakukan pengejaran terhadap KKB pelaku pembunuh pilot Glen dan penyisiran di Distrik Alama dengan hasil ditemukan sebuah rumah kosong yang berada di ujung bandara. 

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Rahmadani

Photo :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)
Detik-detik OTK Umbar Tembakan 2 Kali di Papua, Anggota Polisi Brigpol Johan Tewas

Kepala Operasi Damai Cartenz -2024, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani mengungkapkan, berdasarkan hasil olah TKP tersebut, maka Satgas Ops Damai Cartenz-2024 menduga kuat bahwa penyanderaan dan penembakan yang mengakibatkan pilot Glen meninggal dunia adalah KKB Perek Jelas Kogoya.

"Berdasarkan hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi-saksi di Distrik Alama, kami telah memperoleh identitas KKB Diduga pelaku pembunuhan terhadap Pilot Glen yaitu KKB Perek Jelas Kogoya dan memilki 5 orang KKB dalam kelompok tersebut yakni Perintakola Lokbere Alias Malas Lokbere Alias Malas Gwijangge dan Kawan-kawannya," jelas Faizal, Rabu 14 Agustus 2024.

Trigana Air Tergelincir di Bandara Serui Papua, Bawa Rombongan Istri Pj Gubernur Papua

Ia menjelaskan, dari hasil olah TKP tersebut juga ditemukan satu rumah kosong di lokasi yang diduga digunakan KKB Perintakola Lokbere Alias Malas Lokbere Alias Malas Gwijangge untuk tinggal di Distrik Alama selama 1 minggu terakhir. Diketahui berdasarkan keterangan masyarakat sekitar bahwa rumah kosong tersebut merupakan bekas koperasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Hal ini diperkuat bahwa ditemukan di dinding rumah terdapat gambar-gambar senjata, gambar bendera Papua merdeka dan dokumen KKB lainnya.

“Dari hasil olah tempat kejadian perkara, dan pemeriksaan terhadap saksi-saksi maka diduga kuat, pelaku penyanderaan dan pembunuh pilot Glen adalah KKB Perek Jelas Kogoya. 

KKB Perek Jelas Kogoya ini, bermarkas di Yuguru Kabupaten Nduga dan Diduga memiliki 5 orang KKB dalam kelompok ini S sebagai pembunuh Pilot Glen yaitu, 

1.    Perintakola Lokbere alias Malas Gwijangge, (20 thn) beralamat di kampung Geselma Kabupaten Nduga,

2.    Jeri Wandikbo, (50 thn) beralamat di kampung Geselma Kab. Nduga,

3.    Irisim Gwijangge, (20 thn) beralamat di kampung Geselma Kab. Nduga,

4.    Jaka Gwijangge, (15 thn) beralamat di kampung Geselma Kab. Nduga, dan 

5.    Analuk Amisim, (36 thn) beralamat di kampung Geselma Kab. Nduga.

Kasatgas Humas Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol. Bayu Suseno, Dalam keterangannya mengatakan, olah TKP, pengumpulan barang bukti dan alat bukti juga pemeriksaan saksi telah selesai dilakukan.

"Ya benar, kami telah selesai melakukan olah TKP, pengumpulan barang bukti dan alat bukti, serta pemeriksaan seluruh saksi." Ujar Kombes Pol. Bayu Suseno.

Bayu Suseno melanjutkan, berdasarkan hasil penyelidikan maka identitas pelaku sudah dapat diketahui yaitu, Perintakola Lokbere Alias Malas Lokbere Alias Malas Gwijangge, Jeri Wandikbo, Irisim Gwijangge, Jaka Gwijangge dan Analuk Amisim. 

KKB ini terdiri dari 5 orang dan diduga mereka berasal dari KKB pimpinan Perek Jelas Kogoya yang bermarkas di Yuguru Kabupaten Nduga.

Terduga pelaku tersebut telah kami terbitkan DPO (Daftar Pencarian Orang) dan selanjutnya kami akan melakukan upaya penyidikan dan penegakan hukum" jelas Bayu.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Photo :
  • Puspen TNI

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, menambahkan, Terduga Pelaku Penyanderaan dan Pembunuhan Pilot Glen ini dikenakan Penerapan pasal 338 KUHP Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1, subsider Pasal 365 Ayat (3), subsider Pasal 170 KUHP Ayat (2) ke 3, subsider Pasal 170 KUHP Ayat (2) ke 3, subsider Pasal 351 Ayat (3) KUHP, Yaitu, Kejahatan terhadap jiwa orang dan turut serta melakukan perbuatan yang dapat dihukum dan atau pencurian dan atau kejahatan terhadap ketertiban umum dan atau Penganiayaan, dengan ancaman Hukuman sesuai Pasal 365 Ayat (3), hukuman maksimal 12 tahun, Pasal 170 Ayat (2) ke-3, hukuman maksimal 12 tahun dan Pasal 351 Ayat (3), hukuman maksimal 7 tahun.

Sebelumnya diberitakan pada  Senin, 5 Agustus 2024, tepatnya di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, telah terjadi tindakan brutal yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Mereka menyandera dan menembak mati pilot helikopter PT. Intan Angkasa Air Service, Mr. Glen Malcolm Conning, yang berkebangsaan Selandia Baru. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya