Pekerja Proyek Smelter di Kalbar Meninggal Dunia Terlindas Mobil Ekskavator

Polisi melakukan olah TKP lokasi tewasnya buruh lapangan akibat terlindas mobil ekskavator di proyek smelter di Kalbar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Destriadi Yunas Jumasani (Pontianak)

Mempawah, VIVA – Kecelakan kerja yang memakan korban jiwa kembali terjadi di area proyek Smelter Grade Alumina Reginery (SGAR) PT Borneo Alumina Indonesia (BAI), Desa Bukit Batu, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar).

Pihak Harvey Moeis Ungkap Fakta di Balik Kerja Sama PT Timah dan Smelter

Buruh lapangan PT Indo Fudong Konstruksi yang berinisial KJF merupakan warga Bengkayang meninggal akibat terlindas mobil ekskavator pada Senin 12 Agustus 2024 pukul 13.00 WIB.

Kasat Reskrim Iptu Fadhila Nugrah Sakti menjelaskan korban selaku buruh lapangan melaksanakan pekerjaannya di titik lokasi yang sama, ketika operator ekskavator mengoperasikan alat tiba-tiba terdengar suara jeritan dari arah belakang. Seketika itu juga operator memutar ekskavator ke arah kanan lalu menoleh dan melihat korban terlindas.

Bos Freeport Sebut Jokowi Bakal Resmikan Produksi Smelter Gresik Pekan Depan

"Operator kemudian menekan klakson ekskavator untuk meminta pertolongan," ujarnya Selasa 13 Agustus 2024.

Selanjutnya korban sempat dibawa ke klinik PT BAI, kemudian dirujuk ke RSUD dr Rubini Mempawah dan langsung dilakukan tindakan medis.

Freeport Indonesia Gelar Upacara HUT RI ke-79 di Area Tambang hingga Smelter

"Setelah dilakukan tindakan medis pukul 14.25 WIB korban dinyatakan meninggal dunia," tuturnya.

Lanjut Fadhila sekira pukul 17.00, jenazah korban dibawa pulang ke rumah korban menggunakan mobil ambulans.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan medis korban mengalami luka robek di perut kiri dan kanan, luka robek femur kiri dan kaki kiri," pungkasnya.

Kasat Reskrim Polres Mempawah Iptu Fadhila Nugrah Sakti menerangkan penetapan tersangka atas tewasnya seorang pekerja akibat kecelakaan kerja yang terjadi di proyek SGAR PT Borneo Alumina Indonesia, di Polres Mempawah, Kalbar, Jumat 6 September 2024.

Pekerja Proyek Tewas Terlindas, Polisi Jadikan Operator Ekskavator sebagai Tersangka

Kepolisian menetapkan S (29), seorang operator alat berat proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT. Borneo Alumina Indonesia (BAI) Kabupaten Mempawah, Kalimantan B

img_title
VIVA.co.id
7 September 2024