KKB Lewis Kogoya Tembak Mati Warga di Sugapa Intan Jaya Papua

Warga sipil korban penembakan kelompok kriminal bersenjata
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Intan Jaya, VIVA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembak warga sipil di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua., hingga korban meninggal dunia.

Dua Pemuda Bersenjata Celurit Ancam Pemilik Warung di Depok untuk Minta Handphone

Penembakan itu terjadi, Selasa, 13 Agustus 2024, sekitar pukul 14.55 WIT. Korban yang diidentifikasi bernama Raimon Gustam Kailimang, pekerja proyek TJP (Tigi Jaya Permai), berasal dari suku Makassar. 

“Korban mengalami luka-luka serius, di antaranya luka tembak pada bagian kepala yang menembus dari telinga kiri ke telinga kanan, luka tembak dilengan Kanan, luka tembak di dada kanan. Bunyi tembakan terdengar dari arah Kampung Wandoga setelah personil Pasasgat menerbangkan drone untuk memantau area. Dari pantauan drone tersebut, terlihat satu korban tergeletak di area bawah sungai Wabu,”ujar Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Pol. Faizal Ramadhani.

Pj Bupati Tangerang Lepas Atlet Menembak Kabupaten Tangerang Ke Ajang PON 2024

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Rahmadani

Photo :
  • VIVA / Aman Hasibuan (Papua)

Faizal mengatakan, penembakan dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya , yang mengakibatkan korban meninggal dunia.  "Yang melakukan penembakan adalah KKB Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya," tegas Faizal 

Momen Kemerdekaan, BCA Kasih Bunga KPR hingga KKB Terendah Sepanjang Sejarah

Lebih lanjut ia mengungkapkan kronologi kejadian berawal pada hari Selasa, 13 Agustus 2024, sekitar pukul 14.55 WIT, di Kali Wabu, korban Raimon Gustam Kailimang (MD) bersama rekannya, Robi Belau, turun ke kali untuk mengambil air.

Setibanya di lokasi, mereka turun dari mobil dan mengeluarkan selang untuk menyedot air dari kali. Tiba-tiba, seorang anggota KKB dengan membawa senjata panjang mendekati mereka.

“Pelaku, yang diidentifikasi sebagai anggota KKB Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya. berdasarkan keterangan saksi dan hasil identifikasi foto, pelaku menembak korban Raimon Gustam Kailimang dari jarak sekitar satu meter. Pelaku juga melakukan pemukulan terhadap Robi Belau, rekan korban, sebelum melarikan diri ke arah Gunung Wabuk,” ujar  Faizal.

Dari keterangan saksi yang berada di lokasi kejadian adalah Robi Belau, warga Kampung Tigamasigi, yang juga menjadi korban pemukulan. Saat ini, Robi Belau masih menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik Ops Damai Caretnz-2024 dan Polres Intan Jaya untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai insiden tersebut.

Faizal menekankan korban merupakan masyarakat sipil dan bukan mata-mata pemerintah, seperti yang selalu dicurigai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Jenazah korban telah dievakuasi oleh Satgas Tindak Ops Damai Cartenz dan Satgas 509/BY ke Puskesmas Sugapa dan Jenazah korban direncanakan akan dikirim ke Makasar Kampung halamanya pada Rabu 14 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya