Jokowi Beri Tips ke Pemda Supaya Datanya Tidak Mudah Diretas

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Pertama di IKN
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan seluruh kepala daerah di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa, 13 Agustus 2024.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Dalam arahannya, Jokowi meminta kepada seluruh kepada Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Kabupaten/Kota memiliki cadangan atau back up data berlapis guna mencegah kebocoran data dari hacker.

"Berkaitan dengan data, saya minta agar Pemerintah Provinsi untuk mengarahkan Pemkab/Kota untuk back up data yang ada itu betul-betul diberikan, kalau bisa back up data itu berlapis," ujar Jokowi.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Jokowi kasih pengarahan ke kepala daerah se Indonesia di IKN.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Jokowi ingin seluruh Pemerintah Daerah harus memiliki cadangan data yang berlapis, agar kalau terjadi kebocoran data itu masih memiliki cadangan lainnya.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

"Sehingga kalau di-hack satu, masih punya dua atau tiga. Ini penting sekali ke depan agar Kabupaten/Kota diarahkan untuk ke sana," kata Jokowi. 

Diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan sebanyak 517 kepala daerah mengikuti pengarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Selasa, 13 Agustus 2024. 

"Kami laporkan kepada bapak, bahwa jumlah kepala daerah saat ini Gubernur ada 38 orang, Wali Kota ada 98 orang, dan Bupati ada 416. Total 552. Yang definitif ada 279 baik yang hasil Pilkada 2020, maupun memang secara hukum tidak Pilkada," ujar Tito dalam sambutannya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu, Tito mengatakan bahwa ada 35 kepala daerah yang berhalangan hadir mengikuti pengarahan Presiden Jokowi. Alasannya, kata dia, ada kepala daerah yang sakit, harus mengikuti Sidang Paripurna DPRD hingga tidak kebagian tiket pesawat.

"Semua gubernur sudah tiba sejak tadi malam menginap di Hotel Nusantara. Bupati dan Wali Kota semua menginap di Balikpapan, dan tadi jam 6 dari Balikpapan," ujarnya.

Tampak, dalam pengarahan tersebut ada Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution alias Bobby Nasution yang merupakan menantu Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya