Rombongan Kiai dan Banser Diserang OTK di Karawang, GP Ansor Geruduk Kantor Polisi

Apel Banser di kantor PCNU Karawang
Sumber :
  • FB Deden Permana

Karawang, VIVA – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendesak aparat Kepolisian segera menangkap pelaku pemukulan kiai dan sejumlah anggota Banser saat akan mengikuti pengajian di wilayah Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Para Kiai Gelar Konsolidasi Nasional di Cirebon Menuju Muktamar Luar Biasa NU

Insiden persekusi dan pemukulan terhadap kiai dan sejumlah anggota Banser itu terjadi Sabtu malam, 10 Agustus 2024. Rombongan kiai yang dikawal Banser dihadang sekelompok orang tak dikenal (OTK) saat menuju lokasi pengajian di Rengasdengklok.

Ketua Gerakan Pemuda Ansor Karawang, Ahmad Syahid menuturkan rombongan Rais Syuriah MWC NU Cikarang Utara Kiai Ihsan dihadang sekelompok orang saat hendak menghadiri pengajian di Ponpes Al Baghdadi, Kecamatan Rengasdengklok.

Pramono Direstui Rois Syuriah NU Maju Pilgub Jakarta

Namun, sebelum tiba di lokasi, kiai Ihsan dan sejumlah anggota Banser transit terlebih dulu di Pesantren Mambaul Ulum Rengasdengklok.

Apel Banser di kantor PCNU Karawang

Photo :
  • FB Deden Permana
Viral Video Kiai Diduga Rayakan Momen Ulang Tahun Bersama Para Santriwati, Netizen: Gak Heran

Banser Dipukuli-Mobil Dirusak

Kemudian Kiai Ihsan bersama dengan pimpinan Pesantren Mambaul Ulum melanjutkan perjalanan menuju Al Bagdadi. Namun di tengah jalan, dihadang oleh sekelompok orang tidak dikenal.

"Saat itu, terjadi perusakan mobil milik kiai dan sejumlah anggota Banser dipukuli oleh mereka," kata Ahmad Syahid

Syahid menyampaikan GP Ansor mengecam tindakan persekusi dan pemukulan terhadap kiai dan rombongan, saat akan mengikuti pengajian di Rengasdengklok.

Tindak kekerasan, katanya, atas nama apapun tidak diperbolehkan, apalagi ini menyerang seorang kiai. Karena itu, Gerakan Pemuda Ansor meminta aparat kepolisian segera menangkap dan menindak pelaku yang sudah berbuat kriminal.

"Kami melihat, anggota Banser dipukuli, diinjak-injak,  hati kami sangat sakit. Begitupun kiai kami juga tak luput dari kekerasan. Mobilnya dihancurkan dan di dalam mobil itu ada ibu-ibunya juga," katanya.

Meski begitu, ia mengimbau agar seluruh kader Ansor dan Banser menahan diri dan tidak melakukan tindakan sendiri-sendiri.

Hal tersebut disampaikan, karena pihaknya telah melaporkan peristiwa itu ke pihak kepolisian.

"Kami terus berkoordinasi dengan sahabat-sahabat Banser dan Ansor se-Jawa Barat. Bahkan, sampai Senin dini hari tadi kami di Mapolres Karawang, mendesak agar segera ada tersangka. Nama-nama sudah dikantongi. Kami menunggu tindakan aparat kepolisian," katanya.

Ketua LBH Ansor Karawang, Darus Hayina Umami mengungkapkan kalau pihaknya telah berkomunikasi dengan Polres Karawang terkait dengan persoalan itu.

"Kami akan terus mengawal proses pengeroyokan yang dilakukan oleh sekelompok orang kepada para kiyai dan anggota Banser yang akan ke pengajian Al Baghdadi," kata Darus.

Saat ini pihak kepolisian tengah menangani kasus tersebut.

Kapolsek Rengasdengklok, AKP Edi Karyadi, mengatakan peristiwa itu terjadi di Jembatan Taman Siska, Dusun Warungdoyong, Desa Rengasdengklok Selatan pada Sabtu malam.

"Aksi itu berupa penghadangan dan penganiayaan serta perusakan kendaraan mobil NU Rois Syuriah," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya