Presiden Jokowi: IKN Bukan Kota Beton, Bakal Nyaman Ditinggali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat groundbreaking pembangunan kantor PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin, 12 Agustus 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Penajam Paser Utara, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut bangga dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia menyebut IKN dibangun dengan konsep Forest City, bukan kota beton.

Diresmikan Jokowi, Ini Alasan FIBA Buka Kantor di Indonesia

"Kota Nusantara ini ibukota negara Nusantara ini dibangun dengan konsep forest City Kota hutan bukan kota beton atau kota kaca," ujar Jokowi kepada wartawan di Kalimantan Timur, dikutip Selasa, 13 Agustus 2024.

Presiden Jokowi Ajak Wapres dan Para Menteri Keliling IKN

Photo :
  • Sekretariat Presiden
Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

Kepala Negara mengatakan IKN bakal menjadi kota pintar atau smart city. Artinya, kata dia, ibu kota baru akan menjadi kota yang ditopang teknologi di setiap aktivitas kotanya.

Jokowi juga mengatakan IKN akan menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali alias livable city. Ia menyebut nantinya IKN akan memiliki suasananya yang sejuk, dingin, dan segar. Kualitas udaranya juga sampai saat ini sangat jauh dari rata-rata tercemar.

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

"Ini juga akan jadi livable city, kota yang nyaman ditinggali. Dan tadi kita merasakan, pagi tadi betapa sangat sejuk, dingin, dan segar. Pada pagi hari ini itu air quality index rendah sekali di angka 6. Padahal maksimalnya di angka 50, hampir banyak kota sekarang ini di atas 50," tutur Jokowi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet paripurna bersama para menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Di sela-sela rapat tersebut, Jokowi mengajak seluruh investor untuk menginvestasikan dananya ke IKN lantaran pemerintah telah menunjukkan pembangunan di kawasan inti.

"Pemerintah sudah memulai di kawasan inti untuk pemerintahan di sini," kata Presiden Jokowi di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024.

Rombongan kirab Bendera Pusaka tiba di Istana Presiden di IKN

Photo :
  • Youtube Setpres

Menurut Jokowi, langkah ini menunjukkan kuatnya keinginan pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan fisik IKN. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap jajaran pemerintah di tingkat pusat hingga daerah dapat mendorong investasi ke IKN.

"Kita harapkan itu akan mendorong investor sebanyak-banyaknya untuk masuk ke investasi di IKN karena investasi di IKN ini adalah investasi masa depan bukan sekarang. Dan tolong juga ditanyakan ke presiden terpilih," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya