Anak Muda di Kaltim Semringah Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN

Rombongan kirab Bendera Pusaka tiba di Istana Presiden di IKN
Sumber :
  • Youtube Setpres

Jakarta, VIVA – Anak muda di Kalimantan Timur menyambut baik rencana perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan.

Warga Berbondong-bondong Penasaran Mau Lihat IKN Nusantara

“Hal ini akan menjadi sejarah untuk Indonesia, dan harus disambut bersama dengan penuh sukacita dan rasa bangga,” ucap Putra Budaya Indonesia 2023, Rohman Hidayat, Senin, 12 Agustus 2024.

Istana Presiden di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Photo :
  • ikn.go.id
Alasan Jokowi Belum Teken Keppres Pemindahan IKN: Tunggu Semuanya Siap

Dia berharap anak muda Kaltim bisa membantu membangun Ibu Kota Nusantara (IKN). Sehingga, pembangunan IKN bisa mencerminkan keinginan dari pemuda. Untuk itu, para penggerak organisasi kepemudaan dibKaltim berharap Gerakan Bangun Nusantara (Gerbangtara) jadi wadah bagi anak muda di Kaltim untuk berkontribusi.

Rohman berharap Gerbangtara bisa jadi jembatan penghubung antara anak muda, khususnya Kaltim dengan pemerintah soal pembangunan IKN. Sehingga, kata dia, anak muda tak melepaskan diri dari pembangunan IKN. 

Indonesia's State Palace in Nusantara Aims for Public-friendly Model

“Bisa menjadi jembatan dan penghubung antara anak muda Kaltim yang memiliki tujuan mulia untuk membangun tanah kelahiran dan tanah para leluhur, Nusantara, Indonesia,” ucapnya.

Dwie Arum Meynina sebagai Ketua ADWINDO Kalimantan Timur, berharap pembangunan IKN mengutamakan SDM (sumber daya manusia) di Kaltim. Dirinya mau masyarakat Kaltim tidak diasingkan dalam pembangunan IKN.

“Dimohon kesetaraan dan kesejahteraan SDM Kaltim diperhatikan dan dikawal, untuk memberdayakan dan memberi ruang dan fasilitas masyarakat lokal untuk berkembang dan berkarya, serta menghindari dominasi keterlibatan dari orang luar,” ujar Dwie.

Muhammad Dendy seorang tuli dari Komunitas Semut Balikpapan menambahkan, komunitas disabilitas berharap Gerbangtara terus menyerap aspirasi dari kalangan disabilitas. Kalangan disabilitas, kata dia, perlu difasilitasi agar IKN menjadi kota yang inklusi. 

"Acara yang diadakan sangat baik dan banyak memberikan manfaat, sangat iklusif terhadap komunitas difabel dan harapannya juga bisa lebih  banyak akses melibatkan disabilitas dengan masyarakat umum," katanya.

Prosesi kirab duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi diadakan dengan berjalan dari Monas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu 10 Agustus 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Sementara itu, Koordinator konsorsium Gerbangtara, Aie Natasha berharap konsorsium bisa semakin besar dengan  menambah anggota dari berbagai organisasi masyarakat dan lembaga  swasta.

“Gotong royong dan tolong-menolong adalah kekuatan utama konsorsium gerakan bangun nusantara, di sini setiap organisasi berperan sesuai potensinya, setiap pihak bergerak sesuai harapannya dan kami dari gerbantara siap menjadi katalisator, aggregator dan orkestratornya buat semua pihak yang mau IKN menjadi momentum  Indonesia sentris” ujar Aie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya