Kota Padang Dilanda Kekeringan, 96 Ton Air Bersih Sudah Didistribusikan ke Warga

Distribusi Air Bersih
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Padang, VIVA – Sebanyak 96 ton air bersih sudah didistribusikan ke ribuan kepala keluarga (KK) di Kota Padang, yang terdampak bencana kekeringan imbas kemarau panjang. Bencana kekeringan sudah melanda dalam beberapa pekan terakhir. 

Resmikan SPAM Bandar Lampung, Jokowi: Airnya Lebih Bersih dari Air Kemasan

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton menyampaikan, pendistribusian air bersih sudah dimulai sejak pekan terakhir bulan Juli 2024. Adapun hingga Kamis pekan kemarin, suplai air bersih disalurkan di tiga kecamatan terdampak kekeringan yaitu Kecamatan Lubuk Begalung, Padang Selatan dan, Kecamatan Lubuk Kilangan.

"Untuk Kecamatan Lubeg kita sudah mendistribusikan 56 ton air bersih, Kecamatan Padang Selatan 26 ton, dan Kecamatan Lubuk Kilangan sebanyak 16 ton air bersih," kata Hendri, Senin 12 Agustus 2024.

7.000 Km Pipa Air Bersih di Seluruh Jakarta Akan Direvitalisasi

Ilustrasi kekeringan ekstrem.

Photo :

Dia menjelaskan, dalam pendistribusian air bersih pihaknya bekerja sama dengan PDAM Kota Padang. Adapun dari data yang dihimpun BPBD Kota Padang, pendistribusian air bersih sudah dilakukan di 21 titik. 

Antisipasi Puncak Kemarau di RI, DPR Ingatkan Pemerintah Potensi Bencana Kekeringan

Hendri menuturkan, untuk Kecamatan Lubuk Begalung, titik pendistribusian adalah di Kelurahan Pegambiran dan Kelurahan Pengambiran Ampalu Nan XX. Lalu, pendistribusian untuk Kecamatan Padang Selatan di lakukan di Kelurahan Batang Arau, Kelurahan Rawang, Kelurahan Bukit Gado-gado, dan Kelurahan Teluk Bayur. 

Selanjutnya, untuk Kecamatan Lubuk Kilangan pendistribusian dilakukan di Kelurahan Padang Besi.

Dia juga mengimbau agar warga juga efisien menggunakan air lantaran beberapa wilayah di Kota Padang yang masih belum turun hujan. 

Hendri pun memberikan informasi bagi warga yang perlu air bersih maka bisa menghubungi nomor telepon yang sudah disiapkan.

"Untuk warga Kota Padang yang butuh distribusi air bersih selama musim kemarau dapat menghubungi nomor telepon 085891522181 dengan cara mengirimkan surat permintaan pendistribusian air bersih dari kelurahan atau kecamatan melalui via WhatsApp," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya