Sidang Kabinet di IKN, Jokowi: Pindah Ibu Kota Bukan cuma Fisik, Tapi Juga Pola Pikir

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024.
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa kepindahan ibu kota negara ke Nusantara bukan cuma soal kepindahan fisik, tapi juga harus memindahkan mindset dalam bekerja.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

"Kepindahan ke ibukota Nusantara ini juga sudah sering saya sampaikan bukan pindah fisiknya yang penting tetapi pindah pola pikir kita, pindah mindset kita, pindah pola kerja kita. Bisa bekerja dari mana saja juga pindah mobilitasnya," kata Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna di IKN, Kalimantan Timur, yang juga disiarkan daring, Senin, 12 Agustus 2024.

Presiden Jokowisaat pimpin Rapat Kabinet Kerja di Istana Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Jokowi menjelaskan bahwa mobilitas di ibu kota Nusantara nantinya yakni kendaraan listrik, dengan memakai energi hijau. Bangunan di IKN, kata Jokowi, juga dibangun dengan konsep green building dan memprioritaskan untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda.

"Ekonomi yang akan di kembangkan di ibu kota Nusantara juga ekonomi hijau, ekonomi digital yang akan mengiringi pemerintahan di ibu kota Nusantara. Sekali lagi ekonomi hijau ekonomi digital dan data center, finansial center dan yang lain-lainnya," imbuhnya.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

Menteri Bahlil membawa kursi untuk duduk di IKN

Photo :
  • Dok. Istimewa

Pada sidang kabinet paripurna semua para menteri dan kepala Instansi hadir kecuali Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang izin cuti dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang tengah menjalani tugas khusus.

Kepala Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga [YouTube KemenPUPR]

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Sampai saat ini baru ada sebanyak 12 dari 47 tower ASN yang sudah siap huni.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024