Prabowo Tegaskan Komitmen Bakal Tuntaskan Pembangunan IKN

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kunjungan ke IKN.
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

Jakarta, VIVA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto bertekad menuntaskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang telah dirintis Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

Tekad tersebut disampaikan Prabowo saat mendampingi Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin, 12 Agustus 2024.

"Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan kalau bisa menyelesaikan ya," kata Prabowo dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden.

Kadin Daerah: Munaslub Itu Konsekuensi Arsjad Rasjid Tidak Bersinergi Baik dengan Pemerintahan Baru

Capres Prabowo Subianto bersama Presiden Jokowi

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhan

Prabowo mengatakan, Jokowi telah mengambil peran sejarah untuk menginiasi pembangunan IKN. Untuk itu, tugasnya sebagai presiden 2024-2029 adalah melanjutkan dan semaksimal mungkin berupaya menyelesaikan pembangunan IKN.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

"Walaupun kita sadar pembangunan ibukota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya pekerjaan yang lama yang berat," ujarnya.

Ketua Umum Partai Gerindra ini meyakini fungsi IKN sebagai ibu kota negara dapat berjalan optimal paling cepat 3 tahun mendatang. Kendati tidak memiliki latar belakang ilmu teknis, Prabowo mengatakan pengalamannya dalam berbagai pembangunan di Indonesia dapat menjadi dasar untuk mengawal pembangunan IKN hingga tuntas.

"Saya bukan orang teknik, tapi saya empiris, saya juga orang lapangan. Saya juga banyak membangun," ujarnya.

Melihat pembangunan IKN yang sudah berjalan, Prabowo optimistis pemindahan ibu kota negara dari Jakarta menuju IKN memiliki banyak manfaat.

"Saya kira kalau kita lihat, optimis ya dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," katanya. 

Istana Presiden di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Photo :
  • ikn.go.id

Selain berkomitmen dalam keberlanjutan pembangunan IKN, Prabowo juga terlibat langsung sebagai investor pembangunan di IKN.

"Salah satu investor saya sendiri sebagai pengusaha," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya