Wapres dan Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju Sudah Tiba di IKN

Iring-iringan kirab bendera Merah Putih saat melintas di Jempabatan Pulau Balang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Penajam Paser Utara, VIVA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), KH Ma’ruf Amin bersama istri, Wuri Ma’ruf Amin dikabarkan telah tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu Sore (11/9/2024).

Begini Respons AHY soal Peluang jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

Kedatangan Wapres Ma’ruf Amin dalam rangka mengikuti sidang kabinet paripurna pertama di IKN bersama Presiden Jokowi dan dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju pada Senin (12/9/2024).

Terlihat rombongan Wapres melintas di atas Jembatan Pulau Balang pada pukul 17.45 Wita. Sebelumnya Wapres mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur, dan melanjutkan perjalanan menuju IKN melewati jalan Tol IKN.

Sekretariat Presiden: Istana di IKN Siap Ditempati Jokowi hingga Akhir Jabatan

Jokowi Kembali ke IKN Berkantor Beberapa Hari

Photo :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

“Jalan Tol fungsional dibuka mulai tanggal 10 sampai 18 Agustus guna serangkaian peringatan HUT RI ke 79 di IKN, termasuk siding cabinet perdana di IKN,” kata Ketua Satgas Percepatan Pembangunan IKN, Danis Sumadilaga.

Defile Pembukaan PON 2024, Ada Kontingen Atlet IKN

Tidak hanya Wapres Ma’ruf Amin, mobil dengan pelat 18 milik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan juga terlihat di sekitar wilayah IKN. Sementara itu, staf Kementerian Kominfo sudah lebih dulu tiba di IKN sejak Sabtu 10/8/2024.

Sementara itu, kedatangan pesawat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, tidak pernah berhenti sejak pagi. 

Sejumlah mobil pengamanan milik TNI dan Polri hilir mudik sejak pagi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Di beberapa titik perempatan juga dijaga apparat keamanan dilengkapi senjata khusus milik TNI seperti Meriam dan tank.

Kabar pelaksanaan sidang kabinet perdana di IKN menarik animo masyarakat. Tidak hanya jajaran Menteri pada sidang kabinet, Presiden Jokowi dikabarkan juga mengundang para Kepala Daerah se-Indonesia ke IKN. Masyarakat di sekitar wilayah IKN mengaku sangat gembira dan berharap dapat bertemu dengan jajaran Menteri.

“Berharap ketemu pak Bas, menteru PUPR. Selain itu saya juga ingin sekali ketemu pak Luhut Binsar, supaya ketularan nasibnya,” kata Mulyadi, warga Sepaku IKN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya