70 Bus Pariwisata dari Surabaya Dikirim ke IKN untuk Perayaan HUT RI ke-79

70 Bus pariwisata dikirim dari Surabaya untuk Peringatan HUT RI di IKN
Sumber :
  • Zainal Azkhari

Surabaya, VIVA – Sebanyak 70 bus pariwisata akan dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, menuju Balikpapan untuk mendukung acara peringatan HUT RI ke-79 di ibu kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) berkomitmen mendukung acara HUT RI ke-79 dengan mengawal pengiriman bus pariwisata dari Surabaya ke IKN. Ana Adiliya, GM Kalimas & GSN Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa, mengungkapkan bahwa Pelabuhan Tanjung Perak, sebagai pintu gerbang logistik ke kawasan Timur Indonesia (KTI), berperan penting dalam pengiriman ini.

Pada Rabu (7/8/2024), sebanyak 59 unit bus sudah dimuat oleh kapal KM Dharma Ferry VII milik PT Dharma Lautan Utama (PT DLU). Sisa pengiriman, yakni 11 bus pariwisata dan 50 truk ekspedisi, dilakukan pada Kamis (8/8/2024).

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

70 Bus pariwisata dikirim dari Surabaya untuk Peringatan HUT RI di IKN

Photo :
  • Zainal Azkhari

"Kami telah menyiapkan fasilitas sandar di Dermaga Jamrud Utara dan ruang tunggu kendaraan dua jam sebelum kapal sandar. Kapal KM Dharma Ferry VII telah sandar pukul 15.00 WIB dan memuat 59 bus. Kapal akan berlabuh kembali pada Kamis pukul 06.00 WIB untuk memuat 11 bus dan 50 truk, dengan keberangkatan pukul 10.00 WIB."

IKN Bakal Dibuka Untuk Umum Hari Ini, Begini Cara Masuknya

Pelindo memastikan pengiriman kendaraan berjalan lancar dengan menyiapkan fasilitas tambahan, ruang tunggu, dan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Shipping Line, KSOP, serta tim Marines. Persyaratan kendaraan termasuk lolos rampcheck, dokumen lengkap, dan uji kelayakan KIR.

Bus-bus ini telah diperiksa di Terminal Solo dan Bungurasih dan akan digunakan selama perayaan HUT RI ke-79 di IKN. "Kami berharap kontribusi ini mendukung kesuksesan acara dan meningkatkan mutu layanan Pelindo," tutup Ana. (Zainal Azkhari/Surabaya)

Kepala Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga [YouTube KemenPUPR]

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Sampai saat ini baru ada sebanyak 12 dari 47 tower ASN yang sudah siap huni.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024