Kisah Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi di IKN, Warga: Ini Sejarah

Forkopimda Provinsi Kaltim menyambut kedatangan rombongan kirab bedera duplikat merah putih dan teks proklamasi di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Penajam Pasar Utara, VIVA – Tepat pukul 15.30 Wita, rombongan kirab bendera duplikat Merah Putih dan teks proklamasi sudah tiba di kawasan Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024)..

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

Serangkaian kegiatan sakral itu berakhir pada pukul 17.30 Wita diwarnai dengan suasana penuh haru.

Sebelumnya rombongan kirab melakukan perjalanan darat dari Balikpapan menuju IKN, melewati jalan tol IKN dan jembatan Pulau Balang. 

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Prosesi Kirab Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, rombongan kirab disambut oleh Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Di sepanjang jalan dari Bandara Sepinggan menuju pintu tol KM 13 Balikpapan, rombongan kirab disambut oleh warga Kota Balikpapan dengan riang gembira.

"Ini sejarah, pertama kalinya negara Indonesia menggelar upacara HUT RI di luar Istana Merdeka," kata Awal Jalil, warga Kota Samarinda.

Dari Jalan Tol Balikpapan, rombongan kirab menuju Jembatan Pulau Balang.  

Di sepanjang lintasan itu, ratusan bendera merah putih dipasang di kanan kiri jalan. Ratusan pelajar SD juga ikut menyambut rombongan kirab di atas jembatan Pulau Balang.

Seperti mengukir sejarah, warga Sepaku, Penajam Paser Utara sangat antusias melihat rombongan kirab siang ini. Mereka merasa sangat bangga karena terpilih menjadi Ibu Kota Indonesia. Warga berharap dapat turut serta mengikuti upacara HUT RI ke 79.

"Kami nonton kirab dari siang di youtube. Waktu sampai di Sepaku, kami tunggu lewat depan rumah," kata Jumiati warga Pantai Lango, Penajam Pasar Utara, Kalimantan Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya