Sukses Laksanakan Kirab Bendera Pusaka, Istana: Kita Menorehkan Sejarah

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana
Sumber :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta, VIVA - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana menyebut, kirab duplikat bendera Pusaka dan teks proklamasi yang digelar dari Monumen Nasional menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan sejarah baru.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Karena sebagaimana diketahui pada hari ini Sabtu, 10 Agustus 2024 atau di bulan kemerdekaan, kirab duplikat bendera Pusaka sukses dilaksanakan dari Monas ke IKN.

"Kita telah menorehkan sejarah bahwa kita sukses dan berhasil melakukan Kirab Duplikat Bendera Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monumen Nasional di Jakarta menuju Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan selamat," ujar Yusuf dalam keterangannya Sabtu, 10 Agustus 2024.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana

Photo :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Menurutnya, keberhasilan kirab ini berjalan lancar berkat doa yang dipanjatkan oleh seluruh anak bangsa. Dia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat.

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

"Ini adalah keberhasilan kita semua dan tentu ini juga adalah atas doa yang dipanjatkan oleh seluruh anak bangsa yang ingin rangkaian kegiatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia berjalan dengan lancar dan khidmat," ujarnya.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat dan berbagai institusi yang telah bekerja keras siang dan malam, gotong-royong dan bahu-membahu untuk mempersiapkan dan menyukseskan kirab ini," sambungnya.

Adapun kirab pembawa duplikat bendera pusaka dan naskah teks proklamasi tiba di Istana Negara IKN, setelah menempuh perjalanan 2 jam 30 menit dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Berdasarkan pantauan daring,iring-iringan kirab bendera pusaka dan naskah teks proklamasi tiba di IKN sekira pukul 15.28 WITA, disambut siswa dan siswi sekolah dasar, menengah dan atas. Mereka membuat pagar betis berdiri berjajar membawa bendera di sepanjang jalan masuk menuju Istana Negara IKN.

Prosesi kirab duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi diadakan dengan berjalan dari Monas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu 10 Agustus 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Iring-iringan kendaraan yang membawa bendera pusaka dan naskah teks proklamasi kemudian masuk melalui gerbang utama Istana Negara IKN, dan berhenti persis di depan Istana.

Bendera pusaka dan naskah proklamasi diserahterimakan kepada ADC (Aide-de-camp/sekretaris/ajudan) Presiden, dan dilaporkan kepada Kepala Sekretariat Presiden, lalu di simpan di sebuah ruangan khusus di Istana Negara IKN untuk digunakan saat peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya