Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Teks Proklamasi Tiba di Istana IKN

Rombongan kirab Bendera Pusaka tiba di Istana Presiden di IKN
Sumber :
  • Youtube Setpres

Penajam Paser Utara, VIVA – Kirab pembawa duplikat bendera pusaka dan naskah teks proklamasi tiba di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), setelah menempuh perjalanan 2 jam 30 menit dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

Berdasarkan pantauan daring,iring-iringan kirab bendera pusaka dan naskah teks proklamasi tiba di IKN sekira pukul 15.28 WITA, disambut siswa dan siswi sekolah dasar, menengah dan atas. Mereka membuat pagar betis berdiri berjajar membawa bendera di sepanjang jalan masuk menuju Istana Negara IKN.

Iring-iringan kendaraan yang membawa bendera pusaka dan naskah teks proklamasi kemudian masuk melalui gerbang utama Istana Negara IKN, dan berhenti persis di depan Istana.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Bendera pusaka dan naskah proklamasi diserahterimakan kepada ADC (Aide-de-camp/sekretaris/ajudan) Presiden, dan dilaporkan kepada Kepala Sekretariat Presiden, lalu di simpan di sebuah ruangan khusus di Istana Negara IKN untuk digunakan saat peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Sebelumnya, iring-iringan kirab bendera pusaka dan naskah teks proklamasi dimulai dari Monas, Jakarta dan melintasi beberapa titik ikonik di Jakarta, mulai dari Patung Kuda, Jalan M.H. Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, hingga Semanggi, sebelum akhirnya tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. 

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Pesawat rombongan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma, pada Sabtu pagi sekitar pukul 09.55 WIB.
 
Rombongan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks Proklamasi tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, pukul 12.55 WITA.

Selanjutnya, rombongan kirab akan melanjutkan perjalanan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui jalur darat tol IKN dengan pengawalan ketat Paspampres dan aparat Kepolisian. Dengan waktu tempuh Balikpapan-IKN sekitar 2 jam perjalanan.

Melihat Lebih Dekat Wajah Ibu Kota Nusantara (IKN)

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

PP Muhammadiyah Bakal Bangun Kantor, Universitas dan Rumah Sakit di IKN

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024