Heru Budi Ajak Masyarakat Meriahkan Kirab Bendera Pusaka Merah Putih

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi di Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA - Sekretariat Presiden (Setpres) mengajak seluruh masyarakat memeriahkan kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi yang dilakukan pasa Sabtu besok, 10 Agustus 2024. Kirab bakal dimulai dari kawasan Monas, Jakarta Pusat, sekitar pukul 08.00 WIB. 

Tidak Diusulkan Jadi Pj Gubernur, Heru Budi: Terima Kasih DPRD Jakarta

"Kami, Sekretariat Presiden mengimbau seluruh masyarakat untuk bisa meriahkan kirab yang akan diselenggarakan pada 10 Agustus," kata Kasetpres Heru Budi Hartono seperti ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat, 9 Agustus 2024.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka Ikut Dampingi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Tinjau Proyek Banjir di Jakarta Barat

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham
RK Ogah Komentar soal Heru Budi Tak Diusulkan Jadi PJ Gubernur Jakarta

Dijelaskan, kirab bendera pusaka akan menuju Halim Perdanakusuma Jakarta. Selanjutnya, Bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi akan dibawa ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang menjadi lokasi upacara Detik-Detik Proklamasi pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

"Kirab bendera dan teks proklamasi dimulai dari Monas menuju ke Halim (kemudian diterbangkan) sampai di Ibu Kota Nusantara (IKN)," ujarnya.

PDIP Ungkap 3 Alasan Utama Konsisten Usulkan Heru Budi Jadi Pj Gubernur Jakarta

Diketahui, Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi akan dibawa melalui proses kirab dari Monas Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu, 10 Agustus. 

Kirab dimulai dari Monas, melewati Patung Arjuna Wijaya atau Patung Kuda di Jalan Medan Merdeka Barat. Kemudian, kirab berlanjut ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jalan Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Gatot Subroto, lalu menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma.

Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi kemudian diterbangkan menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk selanjutnya dibawa menuju kawasan IKN di Penajam Paser Utara. Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dibawa oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023.

"Yang melakukan kirab adalah Paskibraka tahun 2023, dan tentu ini sudah dilatih. Masyarakat bisa menyaksikan pada tanggal tersebut," kata Heru.

Selain dimeriahkan deretan pasukan drum band berseragam, terdapat sejumlah pasukan berkuda yang mengiringi dalam kegiatan kirab nantinya. Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dibawa menggunakan kendaraan taktis Maung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya