Pengalaman dan Rekam Jejak Anwar Hafid Dinilai Lengkap untuk Pimpin Sulteng

Bakal calon gubernur Sulteng Anwar Hafid.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Rekam jejak dan pengalaman calon gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid dalam pemerintahan dinilai telah lengkap untuk memimpin Provinsi Sulteng di masa depan.

Diserang tapi Balas Memuji. Gaya Politik Ahmad Ali Dinilai Sudah Level Nasional

Hal itu dikemukakan Ketua Kerukunan Keluarga Bungku Banggai Kepulauan (KKBBK) Jufri Abdul Razak. “Saya pikir sudah sangat pantas sebagai pemimpin. Artinya sudah lengkap sekali apa yang dimiliki oleh Pak Anwar Hafid,” ujar Jufri dalam keterangannya, Kamis, 8 Agustus 2024. 

Kelengkapan yang dimaksud Jufri yaitu mencakup rekam jejak karir serta pengalaman Anwar Hafid dalam memajukan daerah. Sebagai seorang birokrat selama 32 tahun, Anwar Hafid dinilai telah mengalami berbagai dinamika dalam menyelesaikan masalah rakyat. 

Profil dan Sepak Terjang Anindya Bakrie, Konglomerat yang Ditunjuk jadi Ketum Kadin Hasil Munaslub

Pemungutan suara atau pencoblosan di pemilu. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Pengalaman panjang itu dinilai menguatkan pemahaman Anwar tentang bagaimana pemimpin harus berani mengambil keputusan demi rakyat. Dampak positif dari kebijakan Anwar Hafid terlihat saat menjabat sebagai Bupati Morowali

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

Selama memimpin Morowali, sejumlah indeks strategis berhasil ditingkatkan. Pertama, indeks pembangunan manusia (IPM), Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng mencatat, IPM Morowali meningkat dari dari 69,33 persen pada 2007, menjadi 71,14 persen pada 2018. 

Peningkatan IPM sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi (LPE) Morowali. Data Pemkab Morowali mencatat, LPE Morowali naik dari 11,09 persen pada 2008, meningkat menjadi 13,8 persen pada 2018.

Melihat rekam jejak kepemimpinan Anwar Hafid di Morowali, Jufri mengatakan, Ketua Demokrat Sulteng tersebut sebenarnya tidak hanya pantas duduk di kursi Gubernur.

Menurut dia, Anwar Hafid dengan pengalamannya sudah pantas duduk di kursi menteri di Indonesia. “Beliau dengan pengalaman dan rekam jejaknya sebenarnya tidak pantas hanya duduk di Gubernur, sudah level Menteri Pak Anwar ini,” ujar Jufri. 

Dia mengatakan, masyarakat percaya Anwar Hafid bersama dengan calon Wakil Gubernur Reny Lamadjido dapat membawa dampak positif bagi Sulawesi Tengah di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya