Profil Harda Kiswaya, Bakal Calon Bupati Sleman yang Diusung 6 Partai

Harda Kiswaya, Bakal Calon Bupati Sleman
Sumber :
  • instagram @harda.kiswaya

Sleman, VIVA – Harda Kiswaya, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, telah diumumkan sebagai calon bupati Sleman dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2024 oleh 6 partai politik.

Guntur Soekarnoputra Nilai 'Si Doel' Dapat Dongkrak Popularitas Pramono di Pilgub Jakarta

Salah satu partai yang mengonfirmasi hal ini adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang secara resmi mengusung pasangan Harda Kiswaya dan Danang Maharsa, sebagai calon bupati dan wakil bupati.

Dukungan dari PDIP ini memperkuat posisi Harda, karena lima partai politik di Kabupaten Sleman telah lebih dulu mendeklarasikan Koalisi Sleman Bersatu (KSB) yang mengusung Harda Kiswaya.

Temui Guntur Soekarnoputra, Rano Karno: Diundang Sama Bos

Harda Kiswaya, Bakal Calon Gubernur Sleman

Photo :
  • instagram @harda.kiswaya

Harda Kiswaya, SE, M.Si, adalah seorang pekerja yang telah berkarier lama di pemerintahan Kabupaten Sleman sejak tahun 1993. Lahir pada 26 Januari 1964 di Sleman, ia merupakan putra daerah asli Sleman.

5 Kader yang Gugat SK DPP PDIP ke PTUN Minta Maaf ke Megawati, Ngaku Dijebak Oknum

Harda telah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman selama dua dekade. Dalam perannya, ia menjadi pusat koordinasi dan pengelolaan administrasi pemerintahan daerah, mendukung Bupati dalam pengambilan keputusan serta pelaksanaan kebijakan yang efektif.

Berkat dedikasinya, Harda dianugerahi Jasa Penghargaan Satya Lancana Karya Satya XX pada tahun 2019 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Harda Kiswaya sendiri telah mendaftar sebagai bakal calon bupati Sleman melalui Partai Golkar, dan partai ini secara resmi menyerahkan surat instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk mendukung pencalonannya.

Ketua DPD Golkar DIY, Gandung Pardiman, menyerahkan surat instruksi tersebut pada Minggu, 4 Agustus 2024, sebagai bentuk keseriusan Golkar untuk memenangkan Pilkada Sleman dan menjadikan Harda Kiswaya sebagai Bupati Sleman yang baru.

Harda Kiswaya, Bakal Calon Gubernur Sleman

Photo :
  • instagram @harda.kiswaya

Dukungan dari Golkar dipandang sebagai apresiasi dari pengalaman Harda Kiswaya sebagai mantan ASN di lingkup Pemkab Sleman dan sebagai putra asli daerah.

Koalisi Sleman Bersatu (KSB) yang terdiri dari enam partai, termasuk Golkar, Gerindra, PPP, NasDem, PKS, dan PDIP, telah sepakat untuk mengusung Harda Kiswaya sebagai calon bupati.

KSB yang mendukung Harda Kiswaya memiliki total 37 kursi di DPRD Sleman. Calon wakil bupati yang akan mendampingi Harda dipilih oleh partai yang tergabung dalam koalisi ini. Sejauh ini baru PDIP telah memastikan nama calon wakil bupati, yaitu Danang Maharsa, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Sleman.

Dengan dukungan kuat dari KSB, langkah Harda Kiswaya diprediksi akan sulit bagi lawannya. Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, yang sebelumnya mendaftar dan berupaya mendapat dukungan dari PDIP, terpaksa terhenti setelah rekomendasi PDIP turun kepada Harda dan Danang Maharsa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya