Istana Kirim Undangan ke Megawati dan SBY Hari Ini untuk Ikut Upacara HUT RI di IKN

SBY dan Megawati (Foto/antaranews.com)
Sumber :
  • vstory

Jakarta, VIVA - Pihak Istana Negara akan mengirim undangan untuk Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini Kamis, 8 Agustus 2024. Adapun, keduanya diundang untuk menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Petinggi PDIP Klaim "Masyarakat Menunggu" Pertemuan Megawati dengan Prabowo

"Rencana hari ini untuk para mantan presiden dan wapres akan segera dikirim undangannya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Presiden Jokowi Bersama Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden IKN

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Tepis Bagi-bagi Kekuasaan, PDIP Usul Pertemuan Megawati-Prabowo sebelum Pelantikan Presiden

Setelah mengirim undangan, Yusuf mengatakan juga bakal mengkonfirmasi kehadiran para mantan Presiden dan Wakil Presiden RI guna memperlancar acara upacara kemerdekaan di IKN.

"Kami juga akan meminta atau memohon konfirmasi kehadiran beliau, sehingga kami dapat mengatur rencana penampilan beliau dengan sebaik-baiknya," tutur dia.

Istana Samakan Kaesang Seperti Megawati soal Jet Pribadi, PDIP Bilang Begini

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan upacara Kemerdekaan RI digelar di dua lokasi yaitu IKN Kalimantan Timur dan Jakarta. Jokowi menyebut Indonesia saat ini masuk ke tahap transisi dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara.

"Ini kan masa transisi, dari Jakarta menuju IKN Nusantara, sehingga ada perjalanan menuju pindahnya harus kelihatan. Jadi di sini tetap dilakukan, di sana dilakukan," kata Jokowi di Posyandu Taman Sawo, Jakarta Selatan pada Selasa, 11 Juni 2024.

Jokowi menyampaikan upacara kemerdekaan akan digelar di satu lokasi saja, yaitu saat IKN sudah ada Keputusan Presiden atau Keppres pemindahan Ibu Kota sudah keluar tahun depan. 

"Tahun depan kalau sudah ada Keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN sana. Termasuk juga urusan mobilisasi transportasi akomodasi itu juga sudah," katanya.

Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambangi kediaman Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (sumber: Istimewa)

SBY Temui Prabowo di Kertanegara, Bahas Apa?

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambangi kediaman Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, p

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024