DPR Kawal Kasus Afif Maulana, Gilang PDIP: Harus Diusut Tuntas Secara Transparan

Keluarga Afif Maulana, bocah di Padang, Sumbar tewas diduga dianiaya polisi
Sumber :
  • tvOne/Wahyudi Agus

Jakarta, VIVA - DPR melalui Komisi III yang membidangi masalah hukum memastikan akan mengawal kasus kematian Afif Maulana, remaja yang tewas diduga karena dianiaya oknum polisi.
Kegiatan ekshumasi atau penggalian kubur Afif rencananya dilakukan pada Kamis hari ini.

Polisi Kantongi Identitas Bos Perusahaan Animasi di Menteng, WNA Asal Hongkong

Anggota Komisi III Gilang Dhielafararez, menyampaikan tak boleh ada kompromi dalam penegakan kasus hukum untuk keadilan masyarakat.

“Tidak boleh ada kompromi dalam penegakan hukum, terutama ketika menyangkut nyawa dan keadilan bagi masyarakat. Kasus ini harus diusut tuntas secara transparan," kata Gilang, dikutip pada Kamis, 8 Agustus 2024. 

Laporin Vadel Badjideh Nikita Mirzani Diperiksa Polisi Hari Ini, Udah Siapin Saksi dari Luar Negeri

Komisi III DPR RI juga sudah menggelar audiensi dengan keluarga Afif Maulana pada Senin, 5 Agustus 2024. Keluarga Afif bersama Lembaga Hukum Bantuan Hukum (LBH) minta bantuan agar DPR bisa mengawal pengusutan kasus kematian Afif.

Pihak keluarga merasa ada keganjalan dalam kasus tewasnya Afif. Sebab, dari hasil penyelidikan awal kepolisian Sumatera Barat menyatakan kematian Afif karena meloncat ke sungai dan bukan karena disiksa.  Namun, kesimpulan polisi itu tak sesuai dengan kondisi jenazah Afif.

Pelaku Pemerasan 'Ngaku' Polisi di Serpong BSD Tangsel Diburu

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Gilang Dhielafararez

Photo :
  • DPR RI

Gilang minta agar Polri bisa bekerja secara jujur. Selain itu, Polri berani mengambil langkah tegas bila ada anggotanya yang terbukti bersalah.

“Sebagai penegak keadilan, seharusnya pihak kepolisian memahami bahwa keadilan harus ditegakkan dan tidak pandang bulu,” jelas legisltor PDIP itu.

Kematian Afif jadi sorotan publik. Bocah malang itu ditemukan tewas di aliran sungai bawah jembatan Kuranji, Kota Padang.

Adapun dari hasil investigasi LBH Padang, Afif diduga dianiaya sebelum tewas. Hal itu karena ada bukti luka-luka lebam di tubuh korban. 

Sementara, Kapolda Sumatera Barat Irjen Suharyono menyampaikan, Afif meninggal karena jatuh ke sungai dan berbenturan dengan benda keras yang menyebabkan tulang iga korban patah. Gilang mengkritisi pengusutan kasus kematian Afif yang berlarut-larut.

“Ini kan bukan kasus yang kompleks, meskipun peristiwa ini sangat memilukan. Kalau memang tidak ada yang ditutup-tutupi, Polisi bisa menyelesaikan pengusutan kasus tersebut dengan cepat,” ujar Gilang.

Gilang memahami kematian Afif yang memantik perhatian karena banyak kejanggalan yang ditemukan. Salah satunya rekaman Closed-Circuit Television (CCTV) di Polsek Kuranji yang mestinya bisa menguak kejadian tersebut tidak dapat dipulihkan. 

"Kami sangat memahami apa yang dirasakan keluarga Afif, oleh karena itu kita  membutuhkan transparansi penuh dalam penyelesaian kasus ini. Semua bukti harus diperiksa dengan seksama, dan pihak yang bersalah harus bertanggung jawab," jelas Gilang. 

Dia bilang Komisi III DPR siap mengawal pengusutan kasus kematian Afif hingga tuntas. Gilang menuturkan, Polisi mesti bekerja dengan profesional dan transparan.

“Banyak mata yang memperhatikan kasus ini, termasuk kami di DPR yang akan mengawal pengusutan kasus ini hingga tuntas,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya