Polda Banten Antisipasi Terorisme di Pilkada Serentak 2024

Ledakan Gedung saat Simulasi Pengamanan Kota Polda Banten.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

Banten, VIVA – Selama gelaran Pilkada Serentak 2024, Polda Banten juga mengantisipasi aksi terorisme di wilayah hukumnya. Antisipasi tindakan terorisme juga bekerjasama dengan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri.

Bertemu Prabowo di Hanoi, Presiden To Lam Minta TNI Bisa Latih Perwira Vietnam

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan TNI yang ada di wilayah Polda Banten yang meliputi Polres Cilegon, Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Lebak, Polresta Serkot dan Polresta Tangerang.

"Tentunya jadi untuk ancaman teror itu selalu jadi prioritas yang utama untuk Kepolisian Republik Indonesia, juga Polda Banten. Kita juga bekerjasama dengan teman-teman Densus 88 dan juga TNI," ujar Kapolda Banten, Irjen Pol Suyudi, Selasa, 6 Agustus 2024.

Puluhan Mantan Teroris Komitmen Dukung dan Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut

Polda bersama TNI, KPU, Bawaslu dan Pemprov Banten telah melakukan sistem pengamanan (sispam) kota di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, pada Selasa pagi, 6 Agustus 2024.

Pada kegiatan itu juga dipraktekkan atau simulasi bagaimana pengamanan jika terjadinya tindakan teror. Termasuk, saat ketua KPU Banten di sandera kemudian dibawa ke sebuah gedung.

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

Gedung itu kemudian di sergap oleh personel Brimob Polda Banten dan seluruh teroris berhasil dilumpuhkan. Namun ada bom yang siap meledak, sehingga seluruh masyarakat dan penghuni gedung di evakuasi.

"Tahapan-tahapannya sudah dilatihkan, sehingga anggota kita paham langkah yang dilaksanakan pada saat pengamanan di lapangan nanti. Kita telah berupaya, semoga pelaksanaannya berjalan aman dan kondusif, paling tidak kondisi terburuk sudah dilatihkan oleh anggota dengan baik," terangnya.

Mantan Wakapolda Metro Jaya itu berpesan ke seluruh personel Polri, untuk menghilangkan ego sektoral dan bisa berkomunikasi baik dengan siapa saja. Termasuk menyelesaikan permasalahan ditingkat TPS, agar persoalan tidak meluas.

Nantinya, saat Pilkada 2024 telah berjalan, sebanyak 5 ribu personel Polda Banten akan terjun ke lapangan mengamankan semua tahapan.

"Tingkatkan sinergitas dan hilangkan ego sektoral sehingga kita mampu bertindak secara terpadu dalam mengantisipasi gangguan kamtibmas. Jaga integritas diri, profesional dan netralitas dalam menjaga seluruh tahapan pilkada," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya