Projo Sokong Khofifah-Emil, Pengamat Sebut Representasikan Dukungan Jokowi

Presiden Jokowi dan Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Relawan Pro Jokowi (Projo) memberikan dukungan kepada bakal calon gubernur Khofifah Indar Parawansa dan bakal calon wakil gubernur Emil Elistianto Dardak di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2024.

Hadiri Konferensi Internasional, Emil Dardak Paparkan Regenerasi Perkotaan dan Urbanisasi

Dukungan Projo tersebut, menurut Pengamat Politik yang juga Direktur Eksekutif Partner Politik Indonesia Abubakar Solissa, merupakah bentuk dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024. Sebab, lanjut dia, Projo merupakan representasi Presiden Jokowi.  

"Tentu semua orang tahu bahwa sosok di balik dukungan Projo kepada Khofifah adalah Jokowi. Jokowi adalah Projo dan Projo adalah Jokowi," kata Solissa dalam keterangannya, Selasa, 6 Agustus 2024.

Diresmikan Jokowi, Ini Alasan FIBA Buka Kantor di Indonesia

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak saat pamitan karena masa jabatannya sebagai Gubernur Jatim berakhir. (Humas Pemprov Jatim)

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Dukungan itu, menurut Solissa, merupakan hal yang sangat menarik. Sebab dukungan Jokowi jelas mengukuhkan kekuatan Khofifah di Pilgub Jatim.

Sambangi Istana, Pimpinan Muhammadiyah Ucapkan Terima Kasih kepada Jokowi

Bersama Projo, kata dia, Khofifah bisa lebih banyak mendapat dukungan dari akar rumput, terutama di kalangan pendukung Presiden Jokowi. Khofifah bisa mendapat dukungan dari basis masyarakat nasionalis yang terafiliasi oleh Projo dan Presiden Jokowi.

"Menurut saya peluang Khofifah semakin besar di Jatim karena Projo merupakan relawan besar yang memiliki pengaruh cukup signifikan karena terasosiasi kuat dengan Presiden Jokowi," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjend) Projo Handoko menyatakan dukungan kepada Khofifah dan Emil. Hal itu disampaikan saat Handoko mengunjungi kediaman Khofifah di Surabaya pada Sabtu, 3 Agustus 2024. 

"Kami dari Projo berkunjung ke Surabaya dalam rangka untuk menyongsong Pilgub Jatim. Tentu kami menegaskan dukungan Projo kepada pasangan Ibu Khofifah dengan Mas Emil," ujar Handoko.

Handoko akan mengerahkan seluruh posko dan relawan di berbagai wilayah Jatim untuk kemenangan Khofifah. Hal tersebut menegaskan keseriusan Projo dalam mendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya