Mensesneg Pratikno Ungkap Isi Pembahasan dalam Sidang Kabinet di IKN

Mensesneg Pratikno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Jakarta, VIVA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI, Pratikno mengungkapkan beberapa pembahasan umum dalam sidang Kabinet perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan digelar pada 12 Agustus 2024 mendatang. Salah satunya, yaitu terkait perencanaan pemerintah tahun depan.

Istana Garuda di IKN Akan Dibuka untuk Umum seperti Gedung Putih AS, Menurut OIKN

"Ya biasanya (pembahasan) sidang kabinet itu perencanaan tahun depan, evaluasi tahun ini gitu kan," ujar Pratikno kepada wartawan di Kemensetneg, Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2024.

Mensesneg, Pratikno

Photo :
  • Kemenag
Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Selain evaluasi tahunan, kata Pratikno, sidang Kabinet nantinya juga akan membahas masa transisi pemerintahan Presiden Jokowi ke Presiden Terpilih 2024, Prabowo Subianto. 

Kemudian, lanjut dia, pembahasan sidang Kabinet juga masih sama seperti sidang-sidang sebelumnya dan semua menteri akan diundang.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

"Apalagi ini kan di masa-masa akhir, benar kan pemerintahan Pak Presiden Jokowi, kemudian transisi ke Pak Presiden Prabowo, ya sekitar-sekitar itulah. Lebih seperti sidang kabinet paripurna pada umumnya. Jadi nanti kita akan sidang kabinet paripurna di sana, semua menteri diundang," kata Pratikno.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono membocorkan Sidang Kabinet Paripurna akan dilaksanakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Menurut dia, Sidang Kabinet akan digelar pada Senin, 12 Agustus 2024.

“Tanggal 12. Tanggal 11 beliau (Presiden Jokowi) ke sana, nanti tanggal 12 direncanakan untuk Sidang Kabinet di sana,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Kata dia, sarana dan prasarana di sekitar kawasan Istana Negara dan Istana Garuda IKN sudah selesai. Termasuk, kata dia, furniture juga sudah masuk di Sekretariat negara tinggal dipasang saja. Selain itu, AC dan air juga sudah masuk sampai ke kantor kementerian dan hotel.

“(AC) Sudah. Air juga masuk sampai Hotel Nusantara, saya cek sudah masuk. Sampai ke kantor Kemenko Insya Allah” ujar Plt Kepala Otorita IKN Nusantara ini.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono

Photo :
  • Kementerian PUPR

Kemudian, Basuki mengaku bakal menginap di rumah dinas Menteri IKN sejak hari Jumat, 9 Agustus 2024. Sedangkan, beberapa menteri lainnya belum terkonfirmasi apakah menginap atau one day trip. Sebab, kata dia, rumah dinas belum selesai semuanya di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara.

“Ada yang menginap (menteri), kalau saya mungkin tanggal 9 di sana. Di rumah dinas. Menteri lainnya mungkin ada one day juga. Belum (selesai semua rumah dinas). Rumah dinas yang selesai baru 14, kalau 14 tiap rumah ada 3 kamar. 1 kamar utama, dua kamar kecil. Masih diatur Setneg. Hotel Nusantara juga sudah operasi penuh, bisa di sana juga,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya