Heru Budi: ASN Upacara IKN Nginapnya di Hotel, Petugas-Peserta di Perkemahan

Istana Garuda IKN Nusantara, Kalimantan Timur
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan pemerintah sudah menyiapkan beberapa hunian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), peserta dan petugas upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Ada 400 Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN di Pilkada 2024

Heru menyebut pemerintah menyiapkan fasilitas berupa rumah dan hotel bagi para ASN.

“Kalau upacara kan nanti kami persiapkan rumah tinggal ASN ada beberapa hotel," ujar Heru Budi di Jakarta Selatan pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Tidak Diusulkan Jadi Pj Gubernur, Heru Budi: Terima Kasih DPRD Jakarta

Presiden Jokowi bersama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Sedangkan, kata dia, untuk para peserta dan petugas upacara HUT ke-79 RI akan menginap di glamping perkemahan.

Netralitas ASN Isu Paling Rawan ke-3 Selama Pilkada, Kata Bawaslu

“Tentunya, glamping perkemahan yang ada kita gunakan untuk peserta atau petugas," jelas dia.

Diketahui, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan infrastruktur IKN menjelang pelaksanaan upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Dia menjelaskan, untuk konektivitas, akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dari Balikpapan dapat melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 11 Exit Gate Karangjoang.

Kemudian, melewati Jalan Nasional Akses TPK Kariangau dan Tol IKN fungsional (Seksi 3A-3B-5A- Jembatan Pulau Balang Panjang).

Pada Kawasan Beranda Nusantara, Memorial Park/Taman Kusuma Bangsa untuk kegiatan Renungan Suci, Sayap Garuda, Gedung Beranda, Monumen Tiang Bendera, dan Gedung Parkir ditargetkan siap pada 11 Agustus 2024.

Dari 4 Kantor Kementerian Koordinator yang masing-masing memiliki 4 tower (total 16 tower), akan difungsikan pada saat upacara nanti sebanyak 7 tower yaitu Koordinator 1 (1 tower), Koordinator 2 (1 tower), Koordinator 3 (2 tower), dan Koordinator 4 (3 tower). Masing-masing akan berfungsi 2-3 lantai untuk holding ASN dan petugas upacara.

“Hunian ASN akan fungsional minimal 8 tower lengkap dengan furniture-nya, air dan listrik juga akan disiapkan. Masing-masing tower terdiri dari 60 unit hunian seluas 98 m2, setiap hunian ada 3 kamar. Untuk Rumah Tapak Jabatan Menteri akan berfungsi 14 unit dan sudah lengkap dengan meubelair-nya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya