Jokowi Bakal Kumpulkan Gubernur hingga Bupati se-Indonesia 13 Agustus di IKN

Presiden Jokowi Mulai Kerja Perdana di Kantor Presiden IKN Nusantara
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumpulkan Gubernur, Bupati hingga Wali Kota dari seluruh Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Luhut Sebut Prabowo Tidak Mau Hubungannya Dipecah Belah dengan Jokowi

Heru menjelaskan Presiden Jokowi akan melakukan rapat koordinasi dengan pejabat daerah itu untuk membahas Pilkada serentak 2024.

"Iya, 13 Agustus gubernur se-Indonesia dikumpulkan, Pj gubernur oleh pak presiden," kata Heru Budi kepada wartawan di Puskesmas Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Agustus 2024.

Usai 20 Tahun Dilarang, Pemerintahan Jokowi Resmi Izinkan Pasir Laut RI Kembali Diekspor

Presiden Jokowi Bersama Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden IKN Nusantara

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Heru menyampaikan, Presiden Jokowi akan rapat bersama para bupati dan wali kota pada pukul 09.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan para gubernur pada pukul 10.00 WIB.

Luhut Cerita Momen Jokowi Terharu Saat Prabowo Ucapkan Terima Kasih di IKN

"Pertama adalah bupati wali kota pukul 9 pagi, setelah itu pukul 10 dilanjutkan para gubernur. Tentunya memberikan pengarahan kepada bupati, wali kota dan gubernur," kata dia.

Tak hanya itu, Heru menambahkan Kepala Negara juga akan memberikan banyak pengarahan kepada bupati, wali kota, dan gubernur. Salah satunya menjaga netralitas pada Pilkada Serentak 2024.

"Pengarahan macam-macam, ada tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas. Lantas juga bisa merealisasikan kegiatan-kegiatan RPJPD, rencana pembangunan jangka pendek daerah, banyak," tutur Heru.

Sebagai informasi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengkonfirmasi sidang kabinet perdana di IKN.

Basuki mengatakan semua menteri Kabinet Indonesia Maju akan hadir. Presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya akan memimpin sidang dan dijadwalkan terlebih dahulu tiba di IKN pada sehari sebelumnya.

Selain sidang kabinet, Jokowi juga dijadwalkan untuk melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking pada 11-13 Agustus.

Basuki memastikan sejumlah fasilitas kebutuhan primer seperti air, listrik, AC, hingga furnitur sesuai permintaan Presiden Jokowi sudah disiapkan. “Minimal jalan sudah oke, kawasan sudah oke, Istana Negara, Istana Garuda, sudah," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya