Alasan Densus Pulangkan 4 Orang yang Ditangkap Bareng Pelajar Mau Bom Bunuh Diri

Juru bicara Densus 88 Antiteror Polri, Kombes Aswin Siregar (kanan)
Sumber :
  • Dok. Humas Polri

Jakarta, VIVA - Sebanyak empat orang yang sempat diamankan saat pelajar berinisial HOK (19) dicokok gara-gara berencana melakukan aksi bom bunuh diri pada dua rumah ibadah di Malang, Jawa Timur, sudah dipulangkan.

Diduga Cabuli Siswi SD di Surabaya, Oknum Pembina Pramuka Ditangkap Polisi

"Tersangka hanya satu, ada beberapa orang yang dimintai keterangan terkait penangkapan HOK ini, semuanya telah dipulangkan,” ujar Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri, Komisaris Besar Polisi Aswin Siregar pada Senin, 5 Agustus 2024.

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.

Photo :
  • ANTARA
Hendak Tawuran Sepulang Sekolah, Belasan Siswa SMK di Tangerang Diamankan Polisi

Mereka dipulangkan pasca dipastikan tak terlibat dengan HOK. Orang tua HOK yang sempat diciduk di Stasiun Balapan, Solo, pun turut dipulangkan.

“Mereka bukan atau tidak terlibat dalam tindak pidana tersebut. Salah satunya yang telah dipulangkan adalah orang tuanya juga," ucapnya.

Tips Aman dari Vizza Dara, Hindari Ancaman Siber di Media Sosial

Sebelumnya diberitakan, HOK yang diduga merupakan jaringan teroris dicokok Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Jalan Langsep, Batu, Malang, Jawa Timur.

"Pada hari Rabu, tanggal 31 Juli 2024 pukul 19.15 WIB, telah diamankan satu tersangka yakni HOK di Jalan Langsep, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Mantan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya ini menyebut, dari hasil pemeriksaan, HOK ternyata mau melakukan penyerangan dengan bahan peledak.

"Tersangka berdasarkan hasil penyelidikan diketahui berencana melakukan aksi teror bom bunuh diri dengan menggunakan bahan peledak jenis TATP (Triaceton Triperoxide)," ujar dia.

Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Dinilai Banyak Berikan Kemajuan Bagi Jatim, Termasuk Pengembangan Ponpes

Dukungan terus mengalir deras untuk Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa pada Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2024.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024