Buru Harun Masiku, KPK Sampai Periksa Eks Caleg Dapil Kalimantan Barat, Apa Kaitannya?

Jubir KPK Tessa Mahardhika Sugiarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi ternyata melakukan pemeriksaan kepada mantan calon anggota legislatif atau caleg DPR RI Pemilu 2019 daerah pemilihan di Kalimantan Barat. Pemeriiksaan ini menjadi bagian dari upaya KPK yang hingga saat ini masih terus memburu Harun Masiku. Eks caleg tersebut yakni Alexius Akim.

Disindir Ketua KPK, Istana: Presiden Terbuka Bertemu dengan Siapa Saja, Tapi...

"Betul hari ini ada pemeriksaan saksi saudara AA," ujar Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika kepada wartawan, Senin 5 Agustus 2024.

Alexsius diketahui pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat. Jabatan itu diemban Alexius dari 2009 sampai 2017.

Nawawi Pomolango Wanti-wanti Pansel Tak Ceroboh Pilih Capim KPK: Jangan Semua Birokrat!

Dalam panggilannya sebagai saksi, Alexius sudah menghadiri panggilan KPK hari ini. Pemeriksaan dilakukan terkait dengan pemberian hadiah atau janji oleh Harun Masiku.

"Tentunya pemeriksaan yang bersangkutan masih terkait pemberian hadiah atau janji yang dilakukan HM atau pun hal-hal seputar perkara dimaksud baik itu pencarian atau posisi tersangka HM atau hal-hal lainnya yang menurut penyidik dibutuhkan keterangannya untuk diklarifikasi," kata Tessa.

KPK Bakal Tagih Janji Prabowo-Gibran soal Pemberantasan Korupsi

Meski begitu, Tessa tak menjelaskan apakah Harun Masiku sempat bersembunyi di wilayah Kalimantan Barat saat dicari lembaga antirasuah, atau ada keterkaitan lainnya. "Saya tidak bisa membuka itu karena penyidiknya belum membuka," tukasnya.

Harun Masiku merupakan tersangka kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Harun tercatat pernah menjadi caleg dari PDIP.

Dia dinyatakan jadi buron sejak Januari 2020. Empat tahun berlalu, keberadaan Harun Masiku masih misterius sampai sekarang.

Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

KPK Bisa Jemput Paksa Bos Mineral Trobos di Kasus Dugaan TPPU Abdul Gani Kasuba, Begini Alasannya

Komisaris Utama PT Mineral Trobos David Glen Oei (DGO) dua kali mangkir pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan TPPU mantan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024