Geger Tambang 'Blok Medan' Seret Nama Putri Jokowi Kahiyang Ayu, Ini Respons Bobby Nasution

Walikota Medan, Bobby Nasution.(B.S.Putra/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan, VIVA  – Wali Kota Medan, Bobby Nasution buka suara mengenai istilah ‘Blok Medan’ yang terungkap dalam persidangan kasus korupsi mantan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di PN Ternate, Maluku Utara, pada Rabu, 31 Juli 2024. 

Terpopuler: Rocky Gerung Dukung Anies Bikin Partai, Bobby Nasution Soal Naik Jet Pribadi

Dalam pengakuannya, Abdul Ghani Kasuba menyebut 'Blok Medan' merujuk pada istilah yang sering dipakai dalam pengurusan Izin Usaha Pertambangan (IUP) sebagai blok tambang milik putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu di Halmahera Timur

"Itu kan hasil sidang, Saya rasa dikomentari dalam seperti ini tidak etis," sebut Bobby Nasution kepada wartawan, di Kota Medan, Sabtu 3 Agustus 2024.

Bobby Nasution: Hubungannya Penangkapan Zahir dengan Saya Apa?

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Photo :
  • Instagram @bobbynst

Bobby Nasution tidak mau ambil pusing terkait tudingan menyebutkan nama istrinya di pusaran kasus suap mantan Gubernur Maluku Utara, di Pengadilan Negeri (PN) Ternate, Rabu 31 Juli 2024, lalu.

Penjelasan Bobby Nasution Soal Fotonya Beredar Saat Turun dari Jet Pribadi

"Silakan aja dalam persidangan, apa disebutkan saya ikut saja di persidangan ya," kata menantu Presiden RI, Joko Widodo itu.

Blok Tambang Kahiyang Ayu

Pernyataan Abdul Gani Kasuba tersebut, dalam klarifikasi adanya istilah blok Medan yang sering dipakai dalam pengurusan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Istilah blok Medan di pengurusan IUP tersebut terbongkar setelah Kepala Dinas ESDM Maluku Utara, Suryanto Andili dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sidang suap tersebut.

Berbeda dengan keterangan Kadis ESDM, Abdul Gani Kasuba mengakui istilah blok Medan yang dipakai ini karena milik istri Bobby Nasution yang juga putri sulung Jokowi, Kahiyang Ayu.  “Itu milik istri Wali Kota Medan, istrinya Bobby,” katanya.

Di hadapan Mejelis Hakim, Abdul Gani Kasuba tidak menampik kehadirannya bersama keluarga dan Muhaimin Syarif serta Olivia Bachmid di Medan.

“Saya sama istri, anak, Muhaimin dan istrinya pernah ke Medan karena ada undangan, dan dalam rombongan tidak ada Kadis ESDM, dan kita hadir karena ada undangan,” tuturnya. 

Abdul Gani Kasuba juga mengakui, selain Kahiyang Ayu ingin bertemu dengan anaknya, juga dibahas terkait dengan Blok tambang.

"Blok Medan milik istri Wali Kota Medan ada di Kabupaten Halmahera Timur yang bergerak di bidang pertambangan nikel," kata Abdul Gani Kasuba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya