Gus Kikin Calon Terkuat Ketua PWNU Jatim Disebut Sudah Ketemu Cak Imin

Ketua SC Konferwil NU Jatim XVIII Ali Maschan Moesa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

Jombang, VIVA – KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin diprediksi bakal terpilih secara aklamasi pada pemilihan calon Ketua PWNU Jatim di arena Konferwil NU Jatim ke XVIII di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Bahkan, Ketum PKB A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin disebut sudah bertemu Gus Kikin sehingga tidak akan ada dinamika berarti saat pemilihan.

PKB Serahkan Penuh ke Prabowo Soal Komposisi Kabinet

Ketua SC Konferwil NU Jatim ke XVIII, Ali Maschan Moesa, mengatakan, sampai saat ini tidak ada nama lain selain Gus Kikin yang terdengar dari PCNU-PCNU peserta konferwil. "Saya melihat dan mendengar insya Allah kelihatannya tidak ada [gesekan dan calon lain selain Gus Kikin]," katanya di arena konferwil, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Memang, lanjut Ali Maschan, sempat ada beberapa nama selain Gus Kikin yang disebut-sebut bakal maju sebagai calon. "Tapi setelah di sini mengkristal. Ada dulu-dulu katanya Pak Muhaimin sebagai Ketua PKB ingin mendukung Gus Kautsar, tapi ojo ngomong-ngomong, Pak Muhaimin yo wis ketemu Gus Kikin, kok. Rahasia, ojo kondo-kondo," katanya sambil tertawa.

Cak Imin Ngaku Gak Diundang KIM Bahas Kabinet Prabowo: PKB Sama Sekali Tak Dilibatkan

Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz alias Gus Kikin

Photo :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Pemilihan Ketua PWNU Jatim dilaksanakan dengan sistem pemilihan langsung oleh 45 PCNU peserta konferwil. Satu PCNU satu suara. Ali Maschan menjelaskan, pemilihan Ketua PWNU Jatim bisa dipercepat dari jadwal semula, yakni dimulai pada Sabtu malam nanti setelah Isya. 

Para Kiai Gelar Konsolidasi Nasional di Cirebon Menuju Muktamar Luar Biasa NU

Jika tak ada calon lain dan Gus Kikin terpilih secara aklamasi, maka penutupan Konferwil NU Jatim ke XVIII dilaksanakan pada tengah malam nanti. "Mestinya penutupan, kan, besok pagi (Minggu, 4 Agustus 2024). Tapi ikan sepat ikan gabus, lebih cepat lebih bagus," ujar mantan Ketua PWNU Jatim dua periode itu.

Untuk pemilihan rais syuriah, Ali Maschan mengatakan prosesnya dimulai dari tabulasi nama-nama calon Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA) yang disusulkan oleh PCNU dan dijadwalkan dilaksanakan selepas Asar nanti. Tabulasi ini akan menentukan 7 anggota AHWA yang terdiri dari kiai atau ulama yang diakui kedalaman ilmu agamanya dan kebijaksanaannya.

Nah, 7 kiai anggota AHWA itulah nantinya yang akan memilih dan menyepakati siapa yang akan menjadi Rais Syuriah PWNU Jatim lima tahun ke depan. Ali Maschan memberi sinyal, kemungkinan yang akan terpilih sebagai rais syuriah tetap KH Anwar Manshur.

Mantan Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU (PWNU) Jawa Timur (Jatim) Gus Salam

Siap Ajak Banser Ngopi Diskusi, Gus Salam: Kami Tak akan Berhenti Berjuang Demi Kebaikan NU

Muncul kabar ancaman dari Gerakan Pemuda Ansor (GP) hingga Banser yang siap membubarkan Muktamar Luar Biasa (MLB).

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024