Mega Lapor Kapolri Jika Hasto Diproses Hukum, Ngabalin: Harusnya Legowo

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin ikut angkat bicara menyoroti pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang bilang akan menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, jika Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto digarap penegak hukum.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Paparkan "Model Penjajahan Gaya Baru"

Ngabalin pun mengingatkan kembali pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa korupsi adalah extra ordinary crime.

"Tidak bisa, karena KPK itu institusi negara, oleh UUD 1945 menjelaskan KPK adalah institusi negara dan Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa korupsi itu adalah extra ordinary crime, dan institusi satu satunya yang memiliki powerfull itu adalah KPK. Makanya, apapun juga harus memberikan dukungan kepada bapak-bapak yang diamanahkan oleh negara, oleh rakyat dalam menangani masalah tindak pidana korupsi," kata Ngabalin kepada awak media Jumat, 2 Agustus 2024.

Analisis Pengamat soal Dampak Politik jika Prabowo dan Megawati Jadi Bertemu

Megawati Soekarnoputri saat pimpin Pelantikan di Sekolah Partai

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Ngabalin, semestinya Megawati legowo jika ada kadernya diperiksa KPK maupun penegak hukum lainnya. Selain itu, kata Ngabalin, semua pihak seharusnya memberikan kepercayaan penuh kepada KPK yang bekerja memberantas korupsi.

Kuliah Umum di Rusia, Megawati Ingatkan Potensi Konflik Dunia akibat Penyalahgunaan AI

"Kalau hari ini ada tokoh-tokoh tertentu yang sedang diperiksa atau harus menghadapi tuntutan dan perintah regulasi, mari kita harus legowo dan memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada KPK terhadap proses ini. Jangan pernah ada orang yang bisa diintervensi kekuasaan hukum langkah-langkah yang dilakukan oleh KPK,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ngabalin juga menanggapi soal Megawati yang menduga ada kekuasaan mengobrak-abrik proses hukum. Ngabalin menepis hal tersebut. Bahkan, ia menyebut itu fitnah baru.

“Bukan saja tidak benar, tapi itu bisa nanti menimbulkan fitnah baru dan tidak bagus dalam memberikan edukasi kepada publik,” imbuhnya.

Dok. Istimewa

Di Rusia, Megawati Bicara Pancasila Solusi Atasi Geopolitik dan Global Warming

Presiden RI ke-5, sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, membawa Pancasila agar bisa menjadi gateline dan lifeline tata dunia baru sekarang ini.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024