Debat Pasangan Calon di Pilkada 2024 Sebanyak Tiga Kali

Anggota KPU RI August Mellaz
Sumber :
  • KPU

Jakarta, VIVA –  Komisi Pemilihan Umum, menggelar uji publik PKPU terkait kampanye dan dana kampanye peserta Pilkada 2024. Terkait kampanye, komisi berencana menyelenggarakan debat pasangan calon kepala daerah sebanyak tiga kali.

Rano Karno: Kalau Dua Putaran Capek, Ngos-ngosan

"Debat kampanye pilkada paling banyak dilaksanakan tiga kali," kata Anggota KPU RI, August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat, 2 Agustus 2024.

Mellaz menjelaskan, debat calon kepala daerah itu nantinya akan digelar di provinsi dan kabupaten/ kota masing-masing. Kecuali, ada masalah mengenai infrastruktur dan lain sebagainya.

Bang Doel: Bukan Takabur, Kita Menamu Diterima Aja Udah Bagus

“Misalnya infrastruktur ataupun kebutuhan-kebutuhan lain yang relatif tidak seragam, ada kendala-kendala yang muncul di daerah," ungkapnya.

"Tetapi diutamakan agar penyelenggaraan debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon diupayakan untuk diselenggarakan di masing-masing provinsi ataupun kabupaten kota tempat pilkada itu dilaksanakan," sambung Mellaz.

Ciri Ini yang Membuat Rano Karno Makin Yakin Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

Tak hanya itu, KPU juga menjadwalkan rapat umum sebagai bagian dari metode kampanye. Rapat umum rencananya digelar sebanyak dua kali untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, satu kali untuk pemilihan bupati dan wakil bupati.

Adapun jadwal kampanye itu akan dimulai pada 25 September-23 November 2024. Nantinya, kata August, debat terbuka dan rapat umum akan digelar di tengah-tengah jadwal tersebut.

"Pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, dan dialog debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon, kemudian penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye, dan kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan, awal dimulai pada Rabu 25 September 2024 sampai dengan Sabtu 23 November 2024,” tandas dia.

Bakal calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno

Rano Karno ke Jak Mania: Memperhatikan Persija itu Wajib

Rano Karno mengatakan, dia akan lebih dekat lagi dengan Persija dan Jakmania.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2024