Prabowo Pastikan Hadir Sidang Kabinet di IKN

Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Jakarta, VIVA - Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih RI, Prabowo Subianto memastikan akan hadir pada Sidang Kabinet bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada 12 Agustus 2024. 

Analisis Pengamat soal Dampak Politik jika Prabowo dan Megawati Jadi Bertemu

"Ikut dong (sidang kabinet di IKN). Masa enggak ikut," kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus
Prabowo Targetkan Ekonomi Tumbuh 8 Persen, Anindya Bakrie Tegaskan Kadin Siap Bantu

Prabowo datang ke Istana untuk melaporkan hasil lawatannya ke luar negeri kepada Presiden Joko Widodo. 

Prabowo mengakui menemui sejumlah kepala negara selama berkeliling Eropa, di antaranya Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan.

Dasco Bilang Jatah Menteri dari Gerindra Sedikit, Sudah Ada Nama-namanya

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkap bahwa Sidang Kabinet akan digelar pada 12 Agustus mendatang. Jokowi akan bertolak ke IKN pada 11 Agustus.

"Tanggal 12, ya tanggal 11 beliau (Jokowi) ke sana, 12 direncanakan sidang kabinet di sana," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Basuki menuturkan, Presiden Jokowi direncanakan berada di IKN pada 11-14 Agustus. Selain sidang kabinet, Jokowi akan melakukan beberapa proyek groundbreaking.

"Ya di antara itu, kan beliau di sana tanggal 11, 12, 13, 14 (Agustus 2024) pulang, jadi di hari hari itu ada groundbreaking karena tanggal 13, enggak tahu ini bocoran atau nggak ya, mudah-mudah ya open, tanggal 13 ngundang gubernur juga," imbuhnya.

Kata dia, sarana dan prasarana di sekitar kawasan Istana Negara dan Istana Garuda IKN sudah selesai. Termasuk, kata dia, furniture juga sudah masuk di Sekretariat negara tinggal dipasang saja. Selain itu, AC dan air juga sudah masuk sampai ke kantor kementerian dan hotel.

“(AC) Sudah. Air juga masuk sampai Hotel Nusantara, saya cek sudah masuk. Sampai ke kantor Kemenko Insya Allah” ujar Plt Kepala Otorita IKN Nusantara ini.

Kemudian, Basuki mengaku bakal menginap di rumah dinas Menteri IKN sejak hari Jumat, 9 Agustus 2024. Sedangkan, beberapa menteri lainnya belum terkonfirmasi apakah menginap atau one day trip. Sebab, kata dia, rumah dinas belum selesai semuanya di IKN Nusantara, Penajam Paser Utara.

“Ada yang menginap (menteri), kalau saya mungkin tanggal 9 di sana. Di rumah dinas. Menteri lainnya mungkin ada one day juga. Belum (selesai semua rumah dinas). Rumah dinas yang selesai baru 14, kalau 14 tiap rumah ada 3 kamar. 1 kamar utama, dua kamar kecil. Masih diatur Setneg. Hotel Nusantara juga sudah operasi penuh, bisa di sana juga,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya