Proyek MRT Mau Lanjut di Tangsel, Efek Positifnya Konektivitas Wilayah Bakal Meningkat

Forum Group Discussion (FGD) PT MRT dengan Pemkot Tangsel.
Sumber :
  • Istimewa

Serpong, VIVA - Proyek pembangunan moda transportsi Mass Rapid Transit (MRT) rencananya akan merambah wilayah Banten, khususnya Kota Tangerang Selatan atau Tangsel. Pemkot Tangsel pun menyiapkan aspek pendukung moda transportasi massa itu. 

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Simak Jadwal MRT Jakarta Saat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan, menyampaikan perkembangan positif mengenai rencana pembangunan MRT dan Light Rail Transit (LRT) yang mau tembus wilayah Tangsel. 

Pihak Pemkot Tangsel kembali melakukan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) bersama PT MRT Jakarta terkait proyek moda transportasi massa itu.

Pramono Mau Perpanjang Jalur LRT-MRT sampai Tangerang Selatan dan Bekasi

"Ini adalah kelanjutan dari pertemuan sebelumnya dan kami mengumpulkan semua stakeholder yang berkaitan dengan perizinan, regulasi, dan dukungan lainnya," kata Pilar, dalam keterangannya dikutip pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Ilustrasi kereta MRT.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pemkot Larang Seluruh PNS Pakai Telegram

Adapun proyek MRT di Kota Tangsel masih dalam tahap kajian feasibility study oleh PT MRT. 

Namun, diskusi intensif terus dilakukan untuk memastikan semua stakeholder terkait bisa berkontribusi dalam proyek transportasi massa itu. 

Pilar menambahkan, ada beberapa trase atau pilihan rute jalan yang sekarang belum diputuskan lantaran kajian MRT harus sangat spesifik. "Bahkan termasuk perizinan dari Kementerian Perhubungan," lanjut Pilar.

Kemudian, dia mengatakan dalam FGD itu, berbagai stakeholder juga berkumpul untuk membahas kebutuhan dan dukungan masing-masing. Ia mencontohkan seperti pihak pengembang yang bisa berdiskusi terkait kebutuhan dan support yang bisa dilakukan. 

"Nanti kita cari titik temunya antara PT MRT, pemerintah daerah Tangsel, Banten, DKI Jakarta, dan pihak swasta," jelasnya.

Lebih lanjut, dia berharap agar FGD juga bisa menghasilkan bahan yang akan dibawa ke perusahaan dan lembaga masing-masing stakeholder untuk didiskusikan. 

Maka itu, ia berharap ada pertemuan berikutnya untuk membahas lebih mendalam dan spesifik dengan target yang dibuat. Ia mewakili Pemkot Tangsel menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. 

"Mudah-mudahan ini berkelanjutan dan ada tahapan berikutnya yang lebih dipertajam, terutama mengenai trasenya," tutur Pilar.

Kota Tangsel intinya siap menyambut keberadaan MRT dan LRT. Dengan keberadaan transportasi massa itu diharapkan bisa meningkatkan konektivitas dan perekonomian wilayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya