Puan Prihatin Kasus Balita Dianiaya di Daycare: Kepolisian Harus Usut

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta, VIVA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani prihatin atas kasus dugaan penganiayaan yang dialami anak di bawah lima tahun (balita) di tempat penitipan anak atau daycare, di Harjamukti, Cimanggis, Depok.

DPR Setujui Anggaran Kemenkeu 2025 Rp 53,19 Triliun

Puan mendukung langkah orang tua korban melaporkan pelaku yang merupakan pemilik daycare tersebut ke kepolisian. "Pedih sekali mengetahui anak kecil dan polos mengalami tindakan kekerasan," ujar Puan, Kamis, 1 Agustus 2024.

"Kepolisian harus menindaklanjuti serta mengusut kasus kekerasan itu agar pelaku bisa dihukum atas kekerasan yang dilakukannya,” kata Puan.

Detik-detik Wanita di Ciledug Dianiaya Eks Suami hingga Terkapar

Puan mengatakan, anak-anak adalah kehidupan. "Mereka berasal dari Tuhan, karenanya tidak ada seorang pun, sekalipun orangtuanya sendiri, yang boleh menyakitinya. Kekerasan pada anak tidak bisa dibiarkan,” ujarnya.

Ketua DPR RI, Puan Maharani

Photo :
  • DPR RI
DPR Bahas Tiga Opsi untuk Pilkada dengan Kotak Kosong

Lebih lanjut, Puan menekankan pentingnya pendampingan hukum dan psikologi bagi para korban dan keluarganya. Pendampingan psikologi diperlukan untuk mengatasi trauma yang dialami korban.

Menurut Puan, pendampingan psikologi juga perlu diberikan kepada pelaku. Sebab biasanya, pelaku juga pernah mengalami bentuk kekerasan sehingga trauma masa lalu yang membuat ia melakukan hal serupa. “Meskipun tidak ada pembenaran terhadap aksi kekerasan yang dilakukan, trauma atau luka masa lalu pelaku yang pernah menjadi korban harus disembuhkan. Maka perlu ditelusuri oleh ahlinya,” kata Puan.

Puan juga meminta dengan tegas kepada Pemerintah untuk memperketat pengawasan dan aturan di tempat penitipan anak (TPA). “Pengawasan ini menjadi hal yang harus diperhatikan. Mengingat tempat penitipan anak seperti daycare ini adalah lembaga non-formal, tapi tetap harus mengikuti pedoman perlindungan pengasuhan anak,” ujarnya.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) diketahui telah menginisiasi standardisasi dan sertifikasi lembaga layanan peningkatan kualitas anak, di bidang pemenuhan hak anak atas pengasuhan dan lingkungan. 

Hal itu termasuk untuk memastikan terciptanya TPA atau daycare ramah anak ber-SNI. “Kami mendorong agar program peningkatan kualitas layanan daycare dioptimalkan dan menjangkau semua daerah. Karena keselamatan anak menjadi prioritas,” ujar Puan.

Puan pun mendorong penyediaan TPA di berbagai fasilitas umum, maupun perusahaan dan instansi negara. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2024 tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) pada Fase Seribu Hari Pertama Kehidupan.

Dalam Pasal 30 UU KIA disebutkan bahwa pemberi kerja atau tempat kerja harus memberikan dukungan fasilitas, akomodasi yang layak, sarana, dan prasarana seperti fasilitas pelayanan kesehatan; penyediaan ruang laktasi; dan tempat penitipan anak.

"DPR menginisiasi UU KIA dengan harapan perkembangan anak tetap terjamin saat ibu bekerja. Dan untuk mencapai ini, tentunya diperlukan dukungan dari lingkungan kerja dan lingkungan sosial,” kata Puan.

Jika di tempat kerja tidak memiliki fasilitas TPA, Puan mengimbau agar orangtua melakukan riset mendalam sebelum memutuskan menitipkan anak di daycare yang dikehendaki.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya