Jelang HUT ke-79 RI, Jokowi Maruf Amin Ikut Zikir dan Doa Kebangsaan di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar Dzikir dan Doa Kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Kamis, 1 Agustus 2024, pukul 19.00 WIB. Adapun, peserta yang hadir dzikir dan doa kebangsaan diperkirakan ribuan orang.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Tampak, Presiden Jokowi memakai baju muslim putih dan peci hitam. Di sebelahnya, terlihat Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Selain itu, Ibu Negara Iriana dan istri Wakil Presiden Wuri Estu Handayani juga hadir mengikuti Zikir serta Doa Kebangsaan Kemerdekaan 79 Tahun Indonesia Merdeka.

Adapun, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir di antaranya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto; Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy; Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono; dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Selanjutnya, Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris
Jokowi Aims for Balikpapan-IKN Toll Road Completion by Mid-2025


Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi akan menggelar Dzikir dan Doa Kebangsaan 79 Tahun Indonesia Merdeka di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat pada Kamis, 1 Agustus 2024, pukul 19.00 WIB. Adapun, peserta yang hadir dzikir dan doa kebangsaan diperkirakan ribuan orang.

“Jumlah undangan kurang lebih 3.163 orang,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Istana Presiden, Yusuf Permana saat dikonfirmasi pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Untuk peserta, kata Yusuf, akan hadir di antaranya Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, OASE Kabinet Indonesia Maju, Majelis Zikir, Pondok Pesantren Hubbul Wathon, para tokoh agama, para tokoh agama Kalimantan Timut, lembaga dakwah NU, pimpinan ormas Islam, pimpinan Pondok Pesantren, ulama, kiai dan santri.

Diketahui, upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 akan digelar di dua lokasi berbeda, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno mengatakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke-79 di IKN. Sementara upacara di Istana Merdeka mengikuti pelaksanaan di IKN.

"Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, waktunya mengikuti waktu Indonesia Barat, upacaranya atau upacara militer dilaksanakan di IKN dengan inspektur upacara Bapak Presiden. Sedangkan, acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN," kata Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg pada Kamis, 1 Agustus 2024.

Pratikno menyebut upacara penurunan bendera merah putih juga turut diselenggarakan di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Merdeka, Jakarta.

"Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat baik di IKN maupun di halaman Istana Merdeka, Jakarta," ungkapnya.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Munaslub Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia tahun 2024 telah menyepakati Anindya N Bakrie menjadi ketua umum Kadin periode selanjutnya.

img_title
VIVA.co.id
16 September 2024